13 Sep 2021

Telkom University Pertahankan Peringkat PTS Nomor Satu Versi THE World University Rankings 2022

BANDUNG, Telkom University – Telkom University (Tel-U) sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik no.1 di Indonesia kembali meraih pemeringkatan gemilang. Kali ini melalui laman Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR), Telkom University berada dalam jajaran universitas terbaik dunia dengan peringkat 1201+ dan masuk dalam 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia bersanding dengan 9 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Total terdapat 14 Perguruan Tinggi Indonesia yang masuk dalam THE WUR 2022, yaitu:

1) Universitas Indonesia dengan skor overall 28,12

2) Universitas Pendidikan Indonesia dengan skor overall 23,38

3) Institut Teknologi Bandung dengan skor overall 22,65

4) Universitas Hasanuddin dengan skor overall 20,58

5) Universitas Gadjah Mada dengan overall 19,87

6) Universitas Sebelas Maret dengan skor overall 19,66

7) Institut Pertanian Bogor dengan skor overall 19,65

8) Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan skor overall 18,99

9) Universitas Airlangga dengan skor overall 18,63

10) Telkom University dengan skor overall 18,42

11) Universitas Padjadjaran dengan skor overall 17,6

12) Universitas Diponegoro dengan skor overall 16,22

13) Universitas Bina Nusantara dengan skor overall 15,91

14) Universitas Brawijaya dengan skor overall 13,48

THE WUR merupakan Lembaga pemeringkatan yang telah diakui global dan salah satu penyedia peringkat teratas untuk penilaian kualitas institusi di seluruh dunia, Pada THE World University Rankings 2022 kali ini, lebih dari 1.600 universitas dari 99 negara dan wilayah masuk dalam pemeringkatan sehingga menjadikan THE sebagai pemeringkatan universitas terbesar dan paling beragam hingga saat ini.

THE World University Rankings sendiri rutin merilis peringkat Universitas terbaik di dunia dengan 5 indikator penilaian, yaitu: pengajaran (teaching) dengan bobot 30%, penelitian (research) dengan bobot 30%, kutipan (citations) dengan bobot 30%, pemasukan dari industri (industry income) dengan bobot 2,5%, dan international outlook dengan bobot 7,5%.

Dari kelima indikator tersebut, total skor yang diperoleh Tel-U adalah 18,425 menempatkan Tel-U pada peringkat ke-10 Perguruan Tinggi Indonesia dan PTS peringkat pertama versi Times Higher Education.

Pada indikator citations, Tel-U berhasil meraih skor 31, menduduki peringkat 2 nasional. Dalam indikator kutipan (citations) penilaian dilakukan dengan mengukur peran universitas dalam menyebarkan pengetahuan dan gagasan baru. THE mengukur jumlah rata-rata kutipan publikasi lembaga oleh akademisi global. Tahun ini THE memeriksa lebih dari 108 juta kutipan untuk 14,4 juta artikel jurnal, ulasan artikel, prosiding konferensi, buku dan bab buku yang diterbitkan.

Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya mengucapkan selamat atas capaian yang diraih Telkom University, menurutnya ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari sivitas akademika Telkom University serta kontribusi dari para alumni dan seluruh stakeholders.

“Rekognisi ini merupakan amanah bagi kita (Tel-U) untuk terus berkontribusi bagi bangsa Indonesia. Apresiasi dan terima kasih untuk seluruh sivitas akademik, alumni, dan stakeholders Telkom University. Peringkat bukanlah hal yang utama,  namun kita harus tetap fokus untuk senantiasa memberikan kontribusi dan  manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.” Jelasnya.(***)

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan