26 Feb 2021

Telkom University, PTS Terbaik di Indonesia

BANDUNG, Telkom University –  Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik No. 1 di Indonesia, terus meningkatkan kualitas dalam dunia Pendidikan guna mencetak sumber daya manusia yang unggul untuk Indonesia. Predikat PTS No.1 di Indonesia diraih Telkom University selama 2 tahun berturut-turut, sejak 2019 dan 2020.

Predikat PTS no.1 ini dicapai dari berbagai aspek, khususnya mencakup tugas utama perguruan tinggi yakni Tridharma Perguruan Tinggi, selain itu masuknya Telkom University menjadi perguruan tinggi klaster mandiri, menjadikan Telkom University sejajar dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Kualitas pendidikan yang dimiliki Telkom University juga telah diakui secara dunia, sebelumnya Telkom University berhasil masuk dalam jajaran universitas terbaik dunia dan masuk kedalam 9 perguruan tinggi terbaik di Indonesia bersanding dengan 8 PTN, berdasarkan pemeringkatan dari Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR).

Selain itu Tel-U juga berhasil meraih 4 Stars Overall dalam penialain QS Stars, dimana berdasarkan beberapa indikator Tel-U berhasil meraih bintang lima, melingkupi bidang Pengajaran (teaching), Employability, Academic Development, Facilities, Inclusiveness, Program Strength : Bachelor of Informatics dan Online Learning.

Dan di tingkat ASIA, berdasarkan QS World University Rankings Regional ASIA, Telkom University menempati peringkat 401-450, dimana dari 11 indikator penilaian, Tel-U meraih skor tertinggi pada indikator International Faculty (Kelas Internasional).

Memasuki tahun 2021 kali ini, dilansir dari situs halaman resmi www.webometrics.info. Telkom University kembali menempati peringkat pertama PTS sebagai perguruan tinggi dengan website terbaik.

Webometrics merupakan suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website yang dinilai dari 4 komponen yaitu, Presence, Visibility, Transparency (or Openness) dan Excellence (or Scholar).

Untuk komponen Presence dinilai dari ukuran (jumlah halaman) dari domain web utama institusi dengan bobot sebesar 5%, komponen Visibiilty dinilai dari jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke halaman web institusi dengan bobot sebesar 50%, komponen Transparency (or Openness) dinilai dari jumlah kutipan dari 110 authors teratas dengan bobot sebesar 10% serta komponen Excellence dinilai dari jumlah makalah diantara 10% teratas yang paling banyak dikutip selama periode lima tahun (2013-2017).

Webometrics sendiri setiap tahun mengumumkan peringkat universitas dunia berdasarkan kinerja websitenya di bulan Januari dan Juli, dan pada Januari 2020, Telkom University menempati peringkat 2.405 dunia sedangkan pada Juli 2020 telah meningkat menjadi peringkat 1.435 dunia dan peringkat 5 di Indonesia, dan di awal tahun 2021 kali ini, Telkom University menempati peringkat 1.376 dunia dan peringkat 7 di Indonesia.

Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya mengatakan bahwa capaian yang diraih Tel-U dari tahun ke tahun merupakan bentuk komitmen Tel-U dalam memberikan mutu pendidikan yang baik untuk bangsa ini, karena generasi emas yang menjadi visi bangsa ini dihasilkan dari perguruan tinggi berkualitas di dalamnya.

“Ini merupakan sebuah komitmen kami untuk terus membuat mutu Pendidikan tinggi di Indonesia lebih baik, dan semoga dari capaian ini bisa memotivasi seluruh sivitas akademika dalam memberikan yang terbaik untuk kampus ini dan untuk bangsa Indonesia.” Ucap Prof. Adiwijaya, Kamis (25/2).

Ucapan terimakasih Prof. Adiwijaya sampaikan kepada seluruh sivitas akademika yang telah mengharumkan nama Tel-U baik secara nasional dan Internasional.

“Terimakasih kepada seluruh sivitas akademika yang telah bekerja keras dalam mengharumkan nama Tel-U, ditengah pandemi ini semoga kita selalu diberikan kesehatan agar bisa terus mencetak generasi yang baik untuk bangsa ini.” Ucapnya. (***)

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan