Adikara 2024, Kompetisi Fakultas Informatika Tel-U guna Ciptakan Solusi Teknologi yang Inovatif

Adikara 2024 Kompetisi Fakultas Informatika Tel U guna Ciptakan Solusi Teknologi yang Inovatif

Bandung, 14 Januari 2025 – Fakultas Informatika (FIF) Telkom University dan Laboratorium PRODIGI menggelar kompetisi dari Ajang Digital Kreatif dan Inovasi Informatika (ADIKARA). ADIKARA memiliki tujuan agar mengembangkan keterampilan teknis, kreativitas, dan semangat kewirausahaan melalui berbagai kompetisi yang menantang dan inovatif.

ADIKARA digelar dalam rangka mengenalkan dan mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti perlombaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (DIKTI) dan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA), diantaranya: LIDM, Satria Data, dan Gemastik yang akan bergabung menjadi satu kompetisi yang dikenal sebagai GELATIK pada tahun 2025, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Kompetisi ADIKARA menjaring peserta dari seluruh prodi Fakultas Informatika, yaitu: S1 Informatika, S1 Teknologi Informasi, S1 Rekayasa Perangkat Lunak, dan S1 Data Sains di Universitas Telkom Bandung. Pada kompetisi ini terdapat 5 divisi lomba, di antaranya: Capture the Flag, Data Mining, Competitive Programming, Entrepreneur, dan Inovasi.

Kompetisi Inovasi bertujuan agar mendorong peserta dalam mengembangkan teknologi yang inovatif dan berdampak positif terhadap pencapaian SDGs. Melalui berbagai subtema yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak, media kreatif, penelitian ilmiah, produk teknologi, pendidikan, desain infografis, dan aplikasi permainan. Kompetisi Entrepreneur (Business Plan) bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan peserta. Dengan melalui pembuatan business plan yang relevan dengan tema utama, โ€œThe Innovative Potential Digital Business Strengthening SME with Revolution Technology in SDGs Eraโ€.

Kompetisi Inovasi dalam bertujuan mendorong peserta dalam menciptakan solusi teknologi yang inovatif dan berdampak positif terhadap pencapaian SDGs. Melalui berbagai sub tema yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak, media kreatif, penelitian ilmiah, produk teknologi, pendidikan, desain infografis, dan aplikasi permainan. Kompetisi Data Mining bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analitik peserta dalam menangani dan menganalisis data spatiotemporal. Dengan menggunakan dataset spatiotemporal, peserta diharapkan dapat mengeksplorasi berbagai metode untuk mengidentifikasi pola dan memberikan rekomendasi berbasis data yang mendukung pengambilan keputusan.

Kompetisi Cybersecurity (Capture the Flag – CTF) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesadaran peserta dalam bidang keamanan siber. Dengan format Jeopardy, peserta akan menghadapi berbagai tantangan keamanan dari lima kategori utama: Web Exploitation, Binary Exploitation, Reverse Engineering, Digital Forensic, dan Cryptography.

ADIKARA menjadi sarana bagi mahasiswa dalam menunjukkan kreativitas dan keahlian teknis mereka. Kegiatan ini tak sekadar meningkatkan soft skill peserta, melainkan menumbuhkan awareness betapa pentingnya teknologi dalam menyelesaikan tantangan global dan lokal.

Penulis: Inbar | Editor: Adrian Wiranata | Foto: Public Relations

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *