Belajar Anatomi Lebih Seru Dengan Aplikasi ANARISE

Belajar Anatomi Lebih Seru Dengan Aplikasi Anarise

Bandung, 07 Juli 2023 

Tim mahasiswa Telkom University (Tel-U) berhasil menjadi juara pada ajang kompetisi Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2023. Tim bernama BiologyFun ini berhasil menyabet gelar juara 2 pada Kategori Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan yang diumumkan pada final di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada Kamis (6/7). 

Sebagai dosen pembimbing, Dr. Gamma Kosala menyampaikan, aplikasi inovatif yang berhasil mengantarkan timnya menjadi juara bernama ANARISE. Aplikasi ini dibuat sebagai media pembelajaran siswa untuk mempelajari anatomi pada manusia dengan memanfaatkan teknologi augmented reality. 

“Kami membuat inovasi terkait penggunaan teknologi digital sebagai sarana pendukung dan pembelajaran yang mengintegrasikan strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran serta evaluasi. Disini Tim BiologyFun membuat sebuah aplikasi ANARISE yang mendukung pembelajaran Anatomi dengan pendekatan pembelajaran VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) berbasis Mobile dan menggunakan teknologi Augmented Reality” jelas Gamma. 

Pada aplikasi mobile, siswa nantinya dapat melakukan scan pada modul yang disediakan, sehingga nantinya anatomi organ yang dipilih akan muncul dalam bentuk 3D disertai dengan informasi lengkapnya. Sehingga dapat membantu siswa memahami pelajaran Biologi khususnya anatomi organ manusia. 

Anggota tim terdiri dari mahasiswa dari Program Studi S1 Informatika dan S1 Data Sains, yaitu Yunia Amelia Chairunisa, Indra Wahyu, Muhammad Zaki Nur Rahman dan Abdul Azis Al Ayubbi. 

Gamma menceritakan saat perlombaan berlangsung, aura kompetisi sangat kuat, kompetitor terdiri dari beragam kampus swasta dan negeri dari seluruh nusantara yang jumlahnya tidak sedikit. Namun berkat persiapan yang matang, timnya tetap berhasil lolos sebagai juara. 

“Persiapan yang kami lakukan yaitu dari mulai research permasalahan yang di alami sekolah dalam kegiatan belajar mengajar, kami melakukan survey kepada siswa SMA dan Guru. Lalu kami mulai membuat produk dengan membuat aplikasi mobile untuk penunjang pembelajaran siswa, dan web sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar guru, serta pembuatan model Augmented Reality sampai dengan pembuatan materi Anatomi Manusia” ungkap Gamma.  

Sebagai informasi kompetisi Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2023 merupakan ajang kompetisi tingkat pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Penulis: Adnan | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *