Bandung, 15 Juni 2024 – Telkom University Surabaya (TUS) menyelenggarakan sebuah ajang bagi mahasiswa Program Studi Bisnis Digital untuk memamerkan ide-ide bisnis kreatif dan inovatif mereka yang disebut Digitopia Fair 2.0. Digelar pada Sabtu, (15/6) di Trans Icon Mall Surabaya, acara ini menarik perhatian berbagai kalangan dengan menampilkan berbagai produk digital dan fisik yang berkelanjutan.
Direktur TUS, Prof. Dr. Tri Arief Sardjono, menekankan pemikiran kritis bagi mahasiswa dalam menghadapi era digital.
“Digitopia Fair 2.0 tidak hanya menjadi wadah pameran karya, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan Sustainable Development Goals (SDGs) dan menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa.” Ungkap Prof. Tri.
Acara yang mengangkat tema “Echnotopia: Where Tomorrowland Meets Digital Frontiers” sukses mendapatkan perhatian. Terdapat 48 booth dengan 161 mahasiswa Bisnis Digital angkatan 2021 dan 2023 yang menunjukkan hasil karya inovasi mereka. Produk-produk ini mencakup solusi teknologi berkelanjutan, aplikasi digital, dan produk fisik kreatif. Melalui kegiatan Digitopia Fair 2.0, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan mendorong mahasiswa untuk mendirikan bisnis yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat.
Selain menjadi wadah pameran karya inovatif, Digitopia Fair 2.0 juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk membangun koneksi dan kemitraan yang berharga. Beragam kegiatan menarik, seperti talkshow, workshop, kompetisi dan penghargaan bahkan sesi networking, dihadirkan untuk memfasilitasi interaksi antara mahasiswa dengan para pakar industri dan pelaku bisnis.
Talkshow dan workshop menghadirkan narasumber ternama seperti Ali Irsyad (Start-up Mentor, serta ketua investasi INFOKOM HIPMI Surabaya) dan Zaenal Arifin (Co-Founder Gerdhu Incubator Teknologi dan Co-Funder Andromedia IT Consultant) , yang berbagi ilmu dan pengalaman mereka tentang tren bisnis digital, strategi pemasaran, dan pengembangan produk berkelanjutan. Mahasiswa mendapatkan kesempatan emas untuk belajar langsung dari para ahli dan mendapatkan tips praktis dalam mengembangkan ide bisnis mereka.
Digitopia Fair 2.0 tidak hanya menjadi ajang pameran karya, tetapi juga platform pembelajaran dan pengembangan diri bagi mahasiswa Bisnis Digital Telkom University Surabaya. Dengan beragam kegiatan menarik dan peluang networking yang luas, acara ini diharapkan dapat melahirkan generasi wirausahawan muda yang kreatif, inovatif, dan siap bersaing di era digital.
Penulis: Annora Narda Na’ilah | Editor: Adrian Wiranata | Foto: Public Relations