Sebagai wujud pengabdian Tridharma Perguruan Tinggi, Telkom University bekerjasama dengan SMK Pariwisata Telkom Bandung melaksanakan program โPendampingan Digital Marketing PPDB Telkom School 2022โ pada bulan Januari hingga Maret 2022. Acara ini merupakan kerjasama antara Fakultas Komunikasi & Bisnis, Fakultas Ilmu Terapan, dan Fakultas Ekonomi & Bisnis sebagai wujud Pengabdian Masyarakat. Pertemuan pada bulan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret dan 14 Maret 2022 bertemakan โCopywritingโ yang disampaikan oleh dosen representatif fakultas penyelenggara serta dihadiri oleh 18 peserta yang merupakan pengajar dari SMK Pariwisata Telkom Bandung.
Materi pertama disampaikan oleh Sri Widaningsih, S.Psi, M.M selaku dosen dari program D3 Manajemen Pemasaran pada Kamis (10/03) secara luring yang mengangkat topik โCopywriting dalam Konteks Penjualan dan Salesโ. Pada materi ini ia menjelaskan mengenai apa saja unsur penulisan yang diperlukan untuk meningkatkan minat pembelian dan penjualan produk atau jasa.
โDalam pembuatan iklan, tidak cukup hanya dengan motivasi untuk terlihat menarik atau bagus. Tapi, apakah itu menggerakkan orang lain untuk membeli. Jangan melupakan esensi dari penjualan yaitu agar terjualnya produk.โ, ujar Sri sambil berinteraksi dengan peserta.
Sesi kedua dan ketiga dilanjutkan pada hari Senin, 14 Maret 2022 secara daring melalui Zoom Meeting. Materi kedua diisi oleh Ibu Sylvie Nurfebiaraning, M.Si selaku dosen dari program S1 Ilmu Komunikasi. Pada sesi ini, pemateri membahas mengenai โPenerapan Strategi Copywriting yang Menarikโ. Pemateri menjelaskan tentang pentingnya memahami proses komunikasi, tujuan dan alur penulisan copywriting, hingga strategi copywriting yang efektif. Untuk melengkapi proses pelatihan, pemateri melakukan evaluasi yang melibatkan peserta terhadap postingan promosi yang ada pada laman Instagram @smkpartelbdg.
Setelah dua materi yang membahas Copywriting dari segi Kepenulisan, materi terakhir membahasnya dari segi Visual yaitu โStrategi Copywriting dalam Pesan Visualโ yang disampaikan oleh Freddy Yusanto, M.Ds yang juga merupakan Dosen S1 Ilmu Komunikasi.
โVisual merupakan First Impression seseorang terhadap apa yang dilihat dan itu bertahan lebih lama pada ingatan manusiaโ, ujar Freddy.
Pentingnya memberikan fokus informasi atau โPoint of Interestโ adalah kunci untuk mendapatkan atensi audiens. Selain memberikan contoh-contoh poster dan berinteraksi seperti kedua pemateri sebelumnya, pemateri juga menjelaskan mengenai Pilihan Warna, Komposisi dan Unsur Pendukung yaitu Visual dan Perseptual Unsur Visual dan Unsur Perseptual sebagai poin utama selain unsur penulisan.
Acara ditutup dengan dilakukannya sesi foto bersama. Adapun feedback dari salah satu peserta, โAlhamdulillah banyak ilmu yang didapatโ, ujar Ibu Mira Purnama Sari, M.Pd. Tidak hanya itu, acara ini juga diramaikan dengan adanya sesi Kuis Berhadiah pada setiap sesi pemaparan materi yang meningkatkan semangat peserta untuk tetap terlibat dalam diskusi. Adanya partisipasi dari mahasiswa pada acara ini juga menjadi salah satu wujud partisipasi aktif atas diadakannya Tridharma Perguruan Tinggi. Acara ini masih akan berlanjut pada jadwal yang akan diumumkan dikemudian hari.