FEB – Universitas Telkom Gelar Abdimas Internasional di Taiwan: Bekali Pekerja Migran dengan Literasi Digital dan Keuangan

FEB - Universitas Telkom Gelar Abdimas Internasional di Taiwan Bekali Pekerja Migran dengan Literasi Digital dan Keuangan

Hsinchu, Taiwan — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Telkom kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) Kolaborasi Luar Negeri di Hsinchu Islamic Association (HIA), Taiwan, pada Minggu (27/07/2025). Acara ini dihadiri peserta secara onsite maupun online, mayoritas adalah pekerja migran Indonesia yang meniti karier di Taiwan.

Acara dibuka oleh Nurvita Trianasari, Kaprodi Bisnis Digital FEB Universitas Telkom, yang menyampaikan apresiasi kepada Ketua HIA, Ustadz, dan seluruh peserta. Ia menegaskan bahwa Abdimas ini merupakan bentuk komitmen insan akademik untuk berbagi ilmu sesuai kepakaran FEB. “Kami hadir untuk memberikan manfaat yang nyata melalui ilmu yang relevan dan aplikatif,” ujarnya.

Ketua HIA, Ibu Ina Tristianto, mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kontribusi Universitas Telkom. Ia menjelaskan bahwa mayoritas peserta adalah TKI dengan waktu libur bergantung pada izin majikan. “Jangan hanya bekerja mencari uang, tapi juga belajar mengelola uang agar bisa pulang ke Indonesia dengan bekal yang cukup. Mari kita berbuat baik, memberi manfaat untuk sesama, dan meninggalkan kenangan baik di Taiwan,” pesannya.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi utama. Tim pertama, dipimpin Nurvita Trianasari, membawakan materi “Digital Marketing for Migrant Workers in Taiwan: Effective Strategies to Penetrate the Diaspora Market”, dengan anggota Roy Budiharjo, Didin Kristinawati, dan Aulia Ferina Sendhitasari. Tim kedua, dipimpin Roy Budiharjo, menyampaikan “Designing a Bright Future: Digital Financial Literacy and Welfare for Migrant Workers in Taiwan”, bersama Didin Kristinawati, Ardio Sagita, dan Aulia Ferina Sendhitasari.

Untuk memastikan manfaat kegiatan, panitia memberikan pre-test dan post-test, serta mengumpulkan umpan balik dari peserta. Hasilnya menunjukkan antusiasme tinggi dan penilaian positif, di mana materi dianggap relevan untuk mendukung keterampilan digital marketing dan literasi keuangan pekerja migran.

Dengan semangat kolaborasi lintas negara, kegiatan ini menegaskan peran Universitas Telkom dalam memberdayakan masyarakat Indonesia di luar negeri agar lebih siap bersaing, mandiri, dan sejahtera, baik selama bekerja di Taiwan maupun setelah kembali ke tanah air.

Penulis : Abdullah Adnan | Editor : Adrian Wiranata | Foto : Public Relations

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Secret Link