ITS Raih Juara Umum GEMASTIK XIV

BANDUNG, Telkom University – Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi atau Gemastik ke XIV telah usai diselenggarakan, kompetisi tahunan yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPERNAS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi.

Di tahun ke-14 penyelenggaraan Gemastik, Telkom University kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah pagelaran mahasiswa bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terbesar di Indonesia ini.

Pada tahun ini sebanyak 3.164 tim dari 235 perguruan tinggi, yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia, berpartisipasi pada kompetisi yang dibagi menjadi 11 divisi lomba, yaitu: Programming, Cyber Security, Data Mining, UX Design, Animation, Smart City, ICT Scientific Paper, Software Development Smart Device, Embedded System IoT, Game Development, dan ICT Business Development.

Dalam proses seleksi, seluruh divisi melakukan 1 kali tahapan seleksi, dan 2 kategori yaitu Divisi Pemrograman dan Keamanan Siber melakukan tahapan seleksi secara daring. Dari hasil proses seleksi yang dilakukan oleh para juri, telah terpilih 230 tim yang berasal dari 67 perguruan tinggi dan 60  Perguruan tinggi diantaranya berasal dari luar Jawa Barat yang tersebar di 16 Provinsi untuk masuk ke dalam babak final, yang digelar pada Selasa 05 Oktober 2021, hingga Kamis 07 Oktober 2021.

Pada puncak acara Gemastik ke 14 yang berlangsung pada, Kamis (07/10), melalui aplikasi zoom, dan disiarkan live di kanal youtube Puspresnas, telah diumumkan para juara dari setiap divisi lomba, dan Institut Teknologi Sepuluh November berhasil keluar sebagai juara umum pada Gemastik XIV tahun 2021, dengan total peraihan medali 2 Emas, 2 Perak dan 5 Perunggu, serta meraih piala bergilir GEMASTIK.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemdikbud, Prof. Nizam menyampaikan ucapan selamat dan terimakasih kepada seluruh peserta dan finalis GEMASTIK XIV tahun 2021 ini. Menurutnya melalui ajang ini seluruh mahasiswa dapat mengekspresikan kreasinya, menunjukan kompetensi dan kecakapannya dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi serta menjadi ajang menumbuhkan persahabatan antar mahasiswa perguruan tinggi.

“Saya ucapkan selamat kepada para finalis dan seluruh peserta yang telah berjuang dan memberikan ide- ide terbaiknya demi kemajuan ilmu teknologi di Indonesia, semoga melalui kompetisi ini  menjadi pengalaman bagi rekan-rekan mahasiswa.” Ucapnya.

Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kembali kepada Telkom University untuk menjadi tuan rumah Pagelaran Mahasiswa nasional Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi terbesar di Indonesia.

“Suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami (Telkom University) dipercaya untuk ke-5 kalinya bisa menjadi tuan rumah GEMASTIK, terima kasih kepada Puspresnas telah mempercayakan kepada kami.” Ucapnya.

Ucapan selamat Prof. Adiwijaya sampaikan kepada seluruh finalis dan peserta GEMASTIK XIV tahun 2021, dan berharap apa yang peserta berikan untuk kompetisi ini dapat membawa kebaikan dan bisa menjadikan Indonesia Maju di bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi.

“Selamat sekali lagi kepada seluruh peserta GEMASTIK ke 14, karena mau bagaimanapun juga, kalian telah memberikan yang terbaik untuk kemajuan bangsa Indonesia dan kebermanfaatan untuk masyarakat melalui bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.” Jelasnya.

Berikut adalah para peraih mendali dari masing-masing divisi lomba, dalam ajang GEMASTIK XIV :

Juara Umum : Institut Teknologi Sepuluh November

Divisi I : Pemrograman (Programming)

Juara 1 : Universitas Bina Nusantara

Juara 2 : Universitas Indonesia

Juara 3 : Institut Teknologi Bandung

Juara Harapan : Universitas Indonesia

Divisi II: Keamanan siber (Cyber Security)

Juara 1 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara 2 : Universitas Gunadarma

Juara 3 : Universitas Amikom Yogyakarta

Juara Harapan : Universitas Bina Nusantara

Divisi III: Penambangan data (Data Mining)

Juara 1 : Institut Teknologi Bandung

Juara 2 : Telkom University

Juara 3 : Institut Teknologi Bandung

Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November

Divisi IV: Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)

Juara 1 : Universitas Pelita Harapan Medan

Juara 2 : Universitas Gadjah Mada

Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara Harapan : Universitas Indonesia

Divisi V: Animasi (Animation)

Juara 1 : Institut Teknologi Bandung

Juara 2 : Telkom University

Juara 3 : ISI Surakarta

Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November

Divisi VI: Kota Pintar (Smart City)

Juara 1 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara 2 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara Harapan : Telkom University

Divisi VII: Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)

Juara 1 : Universitas Mataram

Juara 2 : Universitas Pendidikan Ganesha

Juara 3 : Universitas Gunadarma

Juara Harapan : Universitas Amikom Yogyakarta

Divisi VIII: Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)

Juara 1 : Universitas Lambung Mangkurat

Juara 2 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara 3 : Telkom University

Juara Harapan : Universitas Indonesia

Divisi IX: Piranti Cerdas, Sistem Benam & iOt (Smart Device, Embedded System & iot)

Juara 1 : Universitas Syiah Kuala

Juara 2 : Politeknik Caltex Riau

Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November

Divisi X: Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development)

Juara 1 : Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Juara 2 : Universitas Pendidikan Ganesha

Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara Harapan : Universitas Bina Nusantara

Divisi XI: Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)

Juara 1 : Telkom University

Juara 2 : Universitas Indonesia

Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November

The Most Inspiring Teams :

Universitas Pamulang

Universitas Teknokrat Indonesia

Pertandingan Esport :

Kategori Game Mobile Legend:

Juara 1 : Universitas Sumatra Utara

Juara 2 : Universitas Negeri Yogyakarta

Juara 3 : Institut Pertanian Bogor

Kategori Game Valorant :

Juara 1 : Politeknik Caltex Riau

Juara 2 : Universitas Jendral Soedirman

Juara 3 : Telkom University

Poster Competition :

Juara 1 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara 2 : Universitas Jember

Juara 3 : Institut Seni Indonesia Surakarta

Juara 4 : Telkom University

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *