BANDUNG, Telkom University – Sebagai rangkaian implementasi Calendar of Culture Action (CoCA), Telkom University kembali menggelar Leader’s Talk Value #3. Mengusung tema ‘Excellence in Research and Entrepreneurial University’, kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa (13/9) secara daring melalui ZOOM Meeting.
Dekan Fakultas Ilmu Terapan Telkom University, Angga Rusdinar Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada CoCA kali ini sangat relevan dengan visi Telkom University.
“Ini sangat relevan dengan Visi Telkom University menjadi Research and Entrepreneurial University di tahun 2023 dan kita punya mimpi bersama menghasilkan NTF dari produk inovasi.”
Pada acara CoCA kali ini juga sekaligus Launching Kelas Industri Kolaborasi antara Telkom University dan Tokopedia. Kegiatan ini diresmikan oleh Dr. Dadan Rahadian selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Leny Suwardi selaku Senior Vice President Data Protection and Privacy Office Tokopedia.
Dr. Dadan Rahadian menjelaskan bahwa Program ini sejalan dengan tujuan Telkom University untuk menjadi Global Entrepreneurial University serta untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kerjasama melalui Program Studi D3 Digital Marketing ini diselenggarakan dalam bentuk kelas kolaborasi pada mata kuliah E-Commerce.
“Hari ini merupakan hari yang sangat baik dengan adanya kelas kolaborasi antara Telkom University dan Tokopedia. Ini sudah merepresentasikan IKU, juga berkaitan dengan kelas kolaboratif dan partisipatif. Saya kira dengan adanya kelas kolaborasi Telkom University dan Tokopedia nantinya kelas ini akan mengajak UMKM berbisnis melalui E-Commerce.
Dadan juga mengatakan bahwa mahasiswa dapat menjadi center point pada pembelajaran sehingga dapat memiliki relevansi lebih kuat dengan industri.
Kepala LLDIKTI Wilayah IV Dr. M Samsuri dalam sambutannya menyampaikan bahwa, dengan adanya Kelas Kolaborasi Antara Telkom University dan Tokopedia yang mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini, diharapkan dapat melahirkan talenta digital masa depan tanah air, membuka akses bagi setiap civitas akademik untuk belajar berkontribusi bagi negeri lewat teknologi serta menjadi wadah bagi para mahasiswa, dosen Telkom University, dan Tokopedia untuk menciptakan inovasi dan ide baru untuk Indonesia.
“Kami sangat mengapresiasi kelas kolaborasi ini, diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa baik hard skill maupun soft skill mahasiswa. Dari kelas kolaborasi ini juga merupakan wujud pembelajaran di Universitas Telkom yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, sehingga memastikan para mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia masa depan.” Jelasnya.
Leny Suwardi, selaku Senior Vice President of Data Protection and Privacy Office Tokopedia, menyatakan bahwa talenta digital terdepan adalah salah satu kunci maju dan berkembangnya industri teknologi tanah air. “Sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan marketplace terdepan, Tokopedia percaya, talenta digital terbaiklah yang akan menghasilkan inovasi terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat, termasuk para pegiat UMKM lokal yang menyokong lebih dari 60% PDB Indonesia. Kini hampir 100% dari sekitar 12 juta penjual terdaftar di Tokopedia adalah UMKM. Maka Tokopedia, melalui Tokopedia Academy, berkolaborasi dengan Telkom University dan menghadirkan modul pembelajaran serta mata kuliah yang dapat mempersiapkan para talenta digital untuk untuk mendukung UMKM agar mereka meraja di negeri sendiri khususnya lewat pemanfaatan teknologi.”
Tujuan yang ingin dicapai dalam kelas kolaborasi ini adalah terciptanya sinergi antara Industri, Kampus dan UMKM dalam upaya pengembangan bisnis sehingga memungkinkan UMKM melakukan pemasaran di pasar global melalui E-Commerce. Untuk mencapai tujuan tersebut, Tokopedia terlibat dalam penyusunan PRS dan penyampaian beberapa materi perkuliahan serta turut mengevaluasi tugas besar yang dilakukan mahasiswa untuk membantu UMKM.
Sementara itu, Program Studi D3 Digital Marketing bekerja sama dengan Laboratorium Entrepreneur ‘Ko+Lab’ Fakultas Ilmu Terapan memfasilitasi kebutuhan UMKM yang ada di bawah naungan Ko+Lab untuk melakukan reengineering bisnis melalui Tokopedia.
Kegiatan ini juga turut mengundang pembicara yaitu Annabel selaku Merchant Education Lead Tokopedia dengan memaparkan materi mengenai Memulai Bisnis Online melalui E-Commerce.