05 Nov 2019

Mahasiswa Tel-U Ciptakan Alat Camping Yang “New To The World”

BANDUNG, Telkom University – 3 orang mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri Telkom University yakni Muhammad Fakhrul Mukmin, Ryan Gamas Agromega dan Nurul Taqwa, berhasil meraih juara pertama pada kompetisi                 Industrial Design Competition (INDISCO) 2019 yang digelar Universitas Diponegoro pada 1 – 3 November 2019 di Kampus UNDIP, Semarang.

Kompetisi bertaraf Internasional yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UNDIP ini ditahun ke 11 mengusung tema “Space-saving and Eco-friendly Design for Standardized Products’ Improvement”.

Fakhrul saat ditemui di Telkom University menceritakan bahwa timnya dalam kompetisi ini membuat sebuah alat bantu guna memudahkan dalam menjalani aktifitas outdoor.

“disini kami membuat sebuah tongkat yang fungsi nya untuk camping, hiking atau aktivitas outdor lainnya, selain itu tongkat ini juga bisa digunakan menjadi tenda, sleeping bag dan fungsi yang lainnya guna memudahkan para pencinta aktifitas outdoor.” Jelasnya.

Melalui persiapan selama kurang lebih 5 bulan, Fakhrul dan tim mulanya merancang produk ini atas masalah yang dialami pendaki salah satunya physical weakness, dimana beban yang harus dibawa pendaki cukup banyak, mulai dari tas hingga tenda.

“Awal mulanya kami melihat masalah yang sering dialami oleh para pencinta alam yang sering mendaki gunung dengan beban yang banyak, mulai dari tas, tenda, sleeping bag dan sebagainya, dari masalah tersebut kami ingin mencarikan solusi terbaik yang bisa dimanfaatkan oleh para pendaki, keunggulan produk ini selain dari fungsi, produk yang kami bikin ini bisa dibilang kategori produk “New To The World”. Jelasnya.

Fakhrul berharap agar produk yang diciptakan bersama timnya ini dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya yang menyukai aktifitas outdoor.

“Semoga karya kami bisa segera masuk dalam pasar, sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pencinta aktifitas outdoor.” Ucapnya.