08 Agu 2020

Mahasiswa Tel-U Menjadi Juara di Fisheries Competition and Education Festival di Sekolah Tinggi Perikanan, Jakarta

Telkom University – Salah satu tim Mahasiswa Telkom University berhasil meraih gelar juara pada ajang kompetisi yang berlangsung di Sekolah Tinggi Perikanan, Jakarta, pada 15-18 Februari lalu. Kompetisi tersebut adalah FISIONTICAL (Fisheries Competition and Education Festival) yang diselenggerakan untuk mendorong generasi millenial menuangkan ide-ide dan inovasi dalam bidang perikanan guna menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang diakui Internasional.
Tim mereka bernama Sapanutu yang beranggotakan: Amri Khurniawan dan Sri Dewi Sartika dari program studi Teknik Telekomunikasi; dan Tria Ananda dari Teknologi Telekomunikasi. Mereka berhasil meraih gelar juara 2 untuk kategori Inovasi Tepat Guna Perikanan untuk peserta tingkat Mahasiswa.
Mereka bersaing dengan beberapa kampus lain yang lolos sampai babak final, yaitu, STP Perikanan Jakarta, Universitas Siliwangi, Politeknik KP Sidoarjo, Politeknik KP Pangandaran, ITNY, dan Institut Pertanian Bogor. Saat diwawancarai mereka mengakui bahwa kampus paling kompetitif ialah dari STP Jakarta itu sendiri.
“Persiapan kami dimulai dari perancangan ide dan finalisasi karya yang telah dilakukan semenjak jauh hari. Penggunaan algoritma bangun ruang dan machine learning berbasis image processing menjadi keunggulan fitur Sapanutu.” ungkap Amri, salah satu anggota tim Sapanutu.