Bandung, 9 September 2024 – Mahasiswa Telkom University (Tel-U) menorehkan pestasi gemilang dalam kompetisi Marketing Competition 2024 yang merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Profesi Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB) selama tiga bulan, dari tahap registrasi 23 Juni – 31 Agustus. Mereka adalah Nadya Octaviany (S1 Ilmu Komunikasi), Ni Putu Tanya Hapsari (S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika), dan Muhammad Fairuz Ismaya (S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika).
Perwakilan salah satu tim, Nadya Oktaviani menjelaskan bahwa di tahun ini, kompetisi Marketing Competition ini berkolaborasi dengan Samsung Indonesia untuk meningkatkan para Young Entrepreneur yang memiliki kemampuan, serta wawasan unggul dan bermartabat dalam rangka mendukung perkembangan performa bisnis, khususnya di bidang marketing.
“Kompetisi ini sebetulnya dapat diikuti seluruh mahasiswa dari berbagai kampus, baik itu swasta ataupun negeri. Lomba kali ini berkolaborasi dengan Samsung, nah kita nanti akan membuat metode pemasaran yang menarik untuk salah satu produk Samsung. ” tutur Nadya.
Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi hingga menjadi finalis, tim Tel-U akhirnya membawa pulang predikat juara ketiga dalam Marketing Competition 2024. Nadya mengatakan keberhasilan tim meraih juara tak lepas dari persiapan matang yang dilakukan oleh tim.
Nadya dan tim berhasil membuat sebuah video advertising yang menarik dan viral di sosial media. Pembuatan ini imulai dari pertukaran ide-ide inovasi, perancangan ide menjadi sebuah tulisan, pembuatan video, pembuatan dan perancangan poster presentasi.
“Kami mampu meraih lebih dari 12 ribu views di Instagram, 581 likes, lebih dari 250 komentar, dan lebih dari 70 share konten karena bantuan dari teman-teman kami yang sangat supportive untuk membantu kami memaksimalkan salah satu rangkaian tahapan lomba.”
Di samping itu, keberhasilan ini bisa diraih berkat dukungan serta pendampingan dari Tel-U berupa bimbingan luar bisa dari Dosen Fakultas Rekayasa Industri (FRI) Abdurrahman Faris Indriya, Ph. D. pada rangkaian kegiatan lomba Marketing Competition x Samsung Indonesia. Tak hanya itu, Fakultas tempat mereka menimba ilmu turut memberi apresiasi melalui unggahan di Instagram.
Melalui kompetisi ini, Tel-U Team tak hanya mendapatkan penghargaan bergengsi dalam memecahkan soal pemasaran saja. Akan tetapi, ada banyak pelajaran yang mereka dapatkan dalam menghadapi rintangan, dan berinovasi dalam situasi nyata.
“Kesan saya untuk lomba ini itu seruu banget! Kita bisa lebih belajar terkait product Samsung, dan juga posisi Samsung sebagai salah satu market terbesar di Indonesia. Selain itu kami juga bisa berkenalan dengan mahasiswa/i dari kampus lain untuk saling belajar antara satu sama lainnya.” pungkas Nadya.
Kemenangan ini menjadi salah satu bukti nyata kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan pengetahuan serta keterampilan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam kehidupan sehar-hari yang memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar. Harapannya, momen ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkreasi.
“Pesan saya kepada mahasiswa/i Tel-U adalah untuk selalu memaksimalkan waktu yang dimiliki tanpa menaruh pressure terlalu berat kepada diri sendiri. Jadi, enjoy saja! Lalu, berusahalah untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik, karena lebih baik gagal karena pernah mencoba, daripada tak pernah mencobanya sama sekali.” tutup Nadya.
Penulis: Adinda Cantika Putri| Editor: Adrian Wiranata | Foto: Public Relations