13 Jun 2020

Menumbuhkan Interaksi Bimbingan Yang Nyaman

ZOOM, 12 JUNI 2020

Telkom University sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia tercermin dari Sivitas Akademika yang terus berbenah diri, baik mahasiswa maupun tenaga pengajar di tujuh fakultas yang terdapat di Tel-U. Salah satunya dengan bagaimana sikap Dosen Pembimbing terhadap mahasiswa bimbingannya agar terus menciptakan situasi yang kondusif.

Seperti yang berlangsung pada Jumat (12/6), Telkom University melalui Direktorat Akademik menggelar Webinar bertajuk “Bagaimana Menumbuhkan Interaksi Bimbingan Yang Nyaman”, khususnya untuk para Dosen Pembimbing Tugas Akhir dengan mengundang Pembicara Dr. Indun Lestari Setyono, M.Psi yang merupakan Dosen Psikologi Universitas Padjadjaran.

Indun Lestari menjabarkan beberapa permasalahan yang kerap ditemui dalam pembuatan tugas akhir, seperti identifikasi permasalahan, mengolah kondisi realitas lapangan tanpa disertai Analisa dari teori, serta umpan balik dari dosen berdasarkan teori pemikirannya.

“Kondisi mahasiswa jaman sekarang itu rata-rata ingin mendapatkan hasil yang cepat, gagasan umumnya kurang dilandasi analisa yang tajam, sehingga kurang terampil untuk menentukan sikap saat bimbingan. Terbiasa segala sesuatu diberi tahu Langkah-langkahnya.” Jelas Indun.

Menurutnya ada beberapa strategi agar menciptakan bimbingan yang kondusif. Seperti menentukan jadwal bimbingan yang disepakati kedua belah pihak. “Dosen dan mahasiswa bisa mempersiapkan form kesepakatan yang ditandatangani bersama, yang berisi mengenai pembahasan setiap pertemuan, sehingga sudah tahu apa yang akan dibahas nanti di pertemuan berikutnya.”

Setiap dosen pada dasarnya perlu memahami kompetensi setiap mahasiswa, karena sudah barang tentu berbeda setiap individunya. Mencoba memahami cara olah pikir masing-masing mahasiswa, sehingga bisa menyesuaikan saat bersama memecahkan masalah.

Hal-hal diatas yang mungkin dapat dilakukan oleh dosen pembimbing untuk lebih memaksimalkan waktu bimbingan serta menciptakan hubungan harmonis dengan mahasiswa bimbingan. Mengingat angka lulus tepat waktu di Telkom University terus di optimalkan agar tetap menjadi kampus terbaik swasta di Indonesia.