18 Mei 2020

Peta Jalan Dalam Penelitian

BANDUNG, Telkom University – Telkom University melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menggelar Wokshop Teknis Penyusunan dan Pengusulan Proposal Penelitian. Acara ini diikuti setidaknya 200 peserta melalui Zoom Aplikasi, Senin (18/5).

Penelitian bagi seorang dosen merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi yang wajib dijalani oleh seorang dosen. Dalam proses penelitian pentingnya membuat sebuah proposal merupakan persyaratan apakah penelitian tersebut berkualitas atau tidak.

Dalam workshop kali ini Prof. I Wayan Darmawan akan membagikan tips dan trik dalam penyusunan proposal penelitian DRPM Ristek Dikti.

Prof. Wayan memaparkan bahwa dalam proses pembuatan proposal penelitian harus memperhatikan  peta jalan yang wajib untuk dijalani dalam proses penyususan proposal, yang pertama adalah mile stone kegiatan penelitian jangka waktunya adalah 5-10 tahun yang lalu atau 5-10 tahun yang akan datang, kemudian peta jalan harus mencakup 3 bagian ; yakni riset pasar, riset terapan dan riset pengembangan.

“Dalam membuat peta jalan juga lebih baik kita buat dalam bentuk diagram agar memudahkan dalam visualisasinya, dan outcome peta jalan dapat berupa artikel, HKI atau paten.” Ucapnya.

Bagaimana penyusunan penelitian 5 – 10 tahun yang akan datang, Prof. Wayan mejelaskan bahwa apabila ingin melakukan penelitian 5-10 tahun yang akan datang, maka saat ini baca jurnal-jurnal yang update.

“Cari jurnal-jurnal terkait penelitian yang mau kita buat, yaitu jurnal-jurnal yang update yang terbaru, agar kita bisa kembangkan lagi harus seperti apa.” Ucapnya.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya dalam sambutan mengucapkan terimakasih kepada para peneliti Telkom University, ditengah pandemi ini tetap bersemangat dalam melakukan penelitian dan terus berinovasi.

“Semoga melalui kegiatan ini lebih banyak lagi peneliti-peneliti Tel-U yang bisa menghasilkan inovasi yang bermanfaat tidak hanya bagi institusi tapi bagi bangsa Indonesia.” Ucapnya.