Telkom University – Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin pesat, dan membawa dampak besar pada sektor pendidikan. Selain itu, perkembangan ini juga menciptakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa/i sekolah untuk belajar, salah satunya adalah game based learning. Untuk itu, mahasiswa Telkom University (Tel-U) menciptakan sebuah karya inovatif berupa game berbasis mobile yang dirancang untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan dan interaktif, yakni SkyNesia.
Start up yang hadir dari inkubasi Bandung Techno Park (BTP) melalui program Work Ready Program (WRAP) ini, didirikan oleh mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri (FRI), Emas Dai Ashshiddiiqi dan dilatarbelakangi oleh situasi anak-anak yang merasa bahwa materi pembelajaran tidak disampaikan dengan cara yang menarik. Lalu, dalam pengembangannya, ia merekrut 10 mahasiswa dari berbagai jurusan di beberapa universitas untuk bersama-sama mengembangkan SkyNesia Adventure.
SkyNesia dilengkapi dengan beberapa fitur atraktif yang dapat meningkatkan minat belajar siswa-siswi sekolah:
1. Hologram
Pembelajaran aktif melalui hologram Do It Yourself (DIY): Skynesia Adventure memiliki fitur hologram yang bisa digunakan oleh anak sd yang menarik di mana pengguna dapat menggunakan hologram dengan cara membuat Media layar DIY.
2. Augmented Reality
Teknollogi Augmented Reality (AR) yang dimiliki SkyNesia Adventure memungkinkan anak-anakbelajar lebih banyak akan cara yang imersif. Di mana, konten pembelajaran dapat ditampilkan secara visual dalam lingkungan nyata. Anak-anak dapat bermain game di lingkungan nyata, sembari melihat objek 3D yang disajikan melalui AR.
3. Quiz
Fitur Quiz atraktif yang dimiliki oleh SkyNesia Adventure dapat membantu siswa/i memahami konsep yang sedang diajarkan, dan mengevaluasi pemahaman mereka akan konsep tertentu da mengoreksi kekeliruan anak-anak.
Berbicara mengenai pengalaman yang paling berkesan saat proses pengimplementasian karya inovatif ini, Emas Dai Ashshiddiiqi menyebutkan bahwa ia sangat senang melihat antusiasme anak-anak SD dan SMP akan SkyNesia Adventure.
“Kejadian yang paling diingat adalah saat saya menguji produk SkyNesia kepada anak-anak sekolah SD dan SMP melalui Zoom. Melihat mereka excited saat melakukan pengujian tersebut memberikan kepuasan tersendiri dan menjadi momen yang berkesan bagi saya. Respon dari mahasiswa dan masyarakat secara umum cukup baik terhadap aplikasi ini.” Ujar Emas.
Emas juga mengungkapkan bahwa respon yang ia terima dari anak-anak dan masyarakat cukup baik akan aplikasi ini.
“Anak-anak merasa belajar menjadi lebih menyenangkan dengan menggunakan aplikasi game seperti SkyNesia. Mereka menunjukkan antusiasme yang tinggi dan memberikan feedback positif yang mendorong saya untuk terus mengembangkan aplikasi ini.” Lanjutnya.
Dengan eksistensi karya inovatif ini, Emas berharap mahasiswa dan mahasiswi yang tengah menempuh kuliah dapat terus berinovasi dan mencari cara-cara baru untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif.
Penulis: Adinda Cantika Putri | Editor: Adrian Wiranata | Foto: Narasumber