Rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Tema ‘Pendampingan Konteks Digital Marketing PPDB’ Masih Berlanjut. Pendampingan Offline Marketing menjadi Topik pada pekan ke-9 ini. Bersama SMK Telkom 2 Medan pendampingan ini dilaksanakan oleh Tim Dosen Telkom University.
Kegiatan ini berlangsung secara online via Zoom Meeting pada hari Kamis (14/4). Acara berlangsung dengan lancar dan interaktif dengan audiens mencapai 23 orang. Materi pada kegiatan ini disampaikan oleh 2 pembicara yaitu Martha Tri Lestari Dosen Digital Public Relations dan Syahputra Dosen Administrasi Bisnis.
Materi pertama yang di sampaikan oleh Martha membahas tentang Adaptasi Offline Marketing Menjelang Endemi. Apabila seluruh kegiatan sudah berlangsung secara Offline maka Offline Marketing dan Digital Marketing menjadi satu kesatuan. Karena dengan adanya integrasi tersebut dan perubahan revolusi 5.0, menuntut kita harus mampu mendigitisasi diri.
Kemudian Martha membahas tentang Leverage 020 Experience, di mana audience mampu datang langsung ke lokasi.
“Disini ada convergence, ada paduan antara marketing offline ada, maketing onlinenya ada. Konten di media sosial itu tetap dijalankan agar tetap ada integrasi,” menurut Martha.
Masih pada materi yang sama, Syahputra menyampaikan bahwa kita harus menentukan target sasar dalam menentukan market segmennya dalam marketing. Caranya yaitu harus di adakannya suatu research akan menentukan target marketnya.
“Komunikas ini akan berjalan efektif kalau ada yang namanya saling berkomunikasi. Nah cara yang bisa si lakukan yaitu dengan menggunakan metode Marketing Communications Mix.”
Personal Selling menjadi suatu bagian besar dalam hidup Syahputra. Hingga ia menemukan ilmu bahwa ‘Ditolak itu pasti, maka ngomong aja’. Jualanpun begitu anda berbicara, orang mau, maka terjadi penjualan.