19 Jun 2020

Strategi Branding UMKM di Era New Normal

BANDUNG, Telkom University – Webinar Lecturer Talk Series Program Magister Desain Fakultas Industri Kreatif Telkom University (FIK Tel-U) kembali bergulir, dalam webinar series kali ini Dr. Ira Wirasari selaku dosen dari magister desain FIK akan berbicara tentang Strategi Branding Untuk UMKM Dalam Menghadapi Era New Normal.

Acara yang berlangsung melalui aplikasi zoom, Jum’at (19/6) diikuti setidaknya 236 peserta. Dalam pemaparannya, Dr. Ira menjelaskan bahwa situasi pandemic sangat berpengaruh terhadap perekonomian dunia, oleh karena itu dalam era new normal ini perlu adanya strategi-strategi baru yang harus diterapkan oleh para UMKM.

“Kita tahu bahwa UMKM merupakan tulang punggung bangsa ini, setidaknya di Indonesia ada 60 juta UMKM, untuk tetap menumbuhkan UMKM di negara ini perlu adanya strategi-strategi baru.” Ucapnya.

Ira menjelaskan bahwa ada 3 strategi yang harus dilakukan UMKM dalam memasarkan produk di era new normal saat ini, diantaranya adalah strategi digital, soft selling dan strategi non digital.

“Dalam strategi digital ada 3 poin yang harus diperhatikan diantaranya adalah pastikan konten kita sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga brand image kita sampai kepada konsumen, lalu yang kedua adalah data base yakni lakukan evaluasi kepada produk kita, dimasa pandemi ini konsumen akan lebih berhati-hati dalam memilih produk oleh karena itu perhatikan hal tersebut dan buat evaluasi portfolionya, dan yang ketiga adalah advertising bagaimana menyampaikan pesan big idea kepada konsumen.” Ucapnya.

Untuk melakukan soft selling, Ira menambahkan hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana membangun brand yang menarik dan buat konten yang menarik dari brand yang dimiliki.

“Lalu strategi ketiga yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan strategi non digital, non digital yang dimaksud adalah dimasa pademi ini, kita harus bisa memperluas wilayah pemasaran kita, karena apabila produk yang kita pasarkan sekarang berada dalam zona merah covid-19 maka akan sulit memasarkan produk tersebut, oleh karena itu sangat penting kita memperluas wilayah penjualan, disini kita memerlukan kolaborasi dengan pihak-pihak seperti jasa ekspedisi.” Jelasnya.

Melalui webinar ini Ira beharap bisa membantu para UMKM, dalam meningkatkan penjualannya sehingga mampu mendorong perekonomian bangsa ini.

“Semoga dari sharing ini bisa membantu UMKM dalam membangun brand imagenya kepada konsumen, sehingga bisa mendorong perekonomian negeri ini.” Ucapnya.