Tel-U Implementasi Kurikulum Outcome Based Education

Implementasi kurikulum OBE

Telkom University melalui Bagian Standar & Layanan Akademik (BSLA) menggelar Workshop Awareness Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) yang berlangsung pada Jumat (22/7). Workshop ini sekaligus peresmian komitmen implementasi OBE di Tel-U untuk meningkatkan sistem pendidikan yang lebih baik seperti yang diungkapkan oleh Rektor Tel-U, Prof. Dr. Adiwijaya yang turut hadir pada acara ini.

“Kita ingin Tel-U mampu mengemban tugas negara dengan terencana, untuk mencerdaskan generasi bangsa. Membangun bangsa ini perlu komitmen. Kurikulum OBE ini dibuat agar sistem pendidikan kita mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebelum sistemnya terbentuk, kita perlu memahami dulu apa itu OBE, ketika sistem siap kita sudah bisa implementasi.” Ungkap Adiwijaya.

Workshop implementasi OBE ini dihadiri oleh seluruh Ketua Program Studi dari 7 Fakultas yang ada di Telkom University. Pada workshop ini, terdapat Pre-Test dan Post-Test pada awal dan akhir acara, untuk mengetahui knowledge yang diserap oleh para kaprodi sebelum dan sesudah menerima materi terkait Konsep Dasar OBE dan Implementasi OBE di Tel-U.

Membuka acara ini, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Dadan Rahadian, menyampaikan agar Tel-U dapat memberikan service excellence bagi stakeholder khususnya mahasiswa, implementasi OBE ini dinilai satu langkah memberikan pelayanan terbaik dalam kegiatan pengajaran.

“Melalui workshop OBE ini, untuk memberikan awareness serta pemahaman yang merata bagi rekan-rekan pengajar. Implementasi OBE ini diharapkan dapat memberikan kepastian economic outcome bagi mahasiswa selaku stakeholder. Pelayanan terbaik perlu kita berikan, salah satunya dengan mampu menyampaikan materi dengan kompetensi yang sesuai. Semoga apa yang rekan-rekan peroleh dari workshop ini, bisa bermanfaat.” Ungkap Dadan.

Sebagai informasi, Outcome-Based Education (OBE) adalah pendidikan yang berpusat pada outcome bukan hanya materi yang harus diselesaikan. OBE mengukur hasil pembelajaran (Outcome) dan memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka pada level global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.