25 Feb 2020

Telkom University Dukung UMKM Melalui COPASS

BANDUNG, Telkom University – COPASS atau Collective Passion in Art & Design, merupakan ajang pameran yang diselenggarakan oleh Fakultas Industri Kreatif melalui Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV) yang diselenggarakan di Aula Fakultas Industri Kreatif (Gedung Sebatik) Telkom University, Rabu (4/12).

Pada COPASS 3.0 ini menggelar karya kolaborasi dengan 150 UMKM di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dimana 150 UMKM tersebut memamerkan produk hasil karya baik berupa website, logo dan aplikasi.

Dosen Prodi DKV Bijaksana Prabawa atau yang akrab disapa Abi menceritakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi FIK untuk turut mengembangkan sector UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Bandung, dimana mahasiswa turun langsung untuk membantu masyarakat dalam membentuk identitas produknya.

“Kami ingin mahasiswa mendapat pembelajaran langsung dengan masyarakat, tidak hanya teori yang didapat di kampus, disini kegiatan yang kami diberikan adalah perancangan logo, media identitas, perancangan website dan aplikasi, dan strategi desain tentang bagaimana output desain berintegrasi dengan kebutuhan bisnis para UMKM.” Ucapnya.

Sekretaris Dinas Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bandung, Neneng Zaenar mengucapkan terimakasih kepada Telkom University dan Fakultas Industri Kreatif yang turut mengembangkan sector UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Bandung.

“Kami dari Kabupaten Bandung berharap para pelaku UMKM bisa memanfaatkan semaksimal mungkin kegiatan ini, saya berpesan agar terus lakukan inovasi  dan improve produk dari UMKM yang dimiliki bapak dan ibu.” Ucapnya.

Selain pameran dalam acara ini juga berlangsung seminar oleh Yanuar Rahman tentang pemasaran digital UMKM, Fajar Sadika tentang service desain pada produk UMKM, Ristama Prawita tentang how to monetize your own app dan Imansyah Lubis tentang managing project in entertainment industry.

(NAI)