Telkom University Gelar Pameran Sains & Teknologi BERAKSI Berbasis AR, Dorong Literasi Teknologi dan Edukasi Perlindungan Anak

Bandung, 1 Desember 2025 – Telkom University sukses menggelar Pameran Sains dan Teknologi: Board Game BERAKSI Berbasis Augmented Reality pada Senin (1/12) di Gd. Manterawu, sebuah pameran interaktif yang menjadi puncak program hibah Semesta Insaintek 2025. Kegiatan ini menjadi ruang pertemuan antara inovasi kampus, edukasi masyarakat, serta upaya membangun literasi teknologi yang ramah bagi semua kalangan.

Mengusung konsep teknologi yang dekat dan mudah dipahami, pameran ini memperkenalkan Board Game BERAKSI—sebuah media edukasi berbasis Augmented Reality (AR) yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran perlindungan anak melalui cara yang menyenangkan, aman, dan interaktif.

“Melalui pameran ini, kami ingin memastikan bahwa hasil riset yang dikembangkan di kampus benar-benar dapat menyentuh kehidupan sehari-hari masyarakat. Teknologi harus dekat, mudah dipahami, dan memberikan manfaat nyata,” ujar Alila Pramiyanti, Ph.D., Ketua Pelaksana Program Hibah Semesta Insaintek.

Pameran ini diikuti sekitar 250 peserta yang terdiri dari siswa SD, SMP, SMA, mahasiswa, komunitas, serta masyarakat umum. Peserta berasal dari berbagai wilayah sekitar kampus, termasuk PKK Bojong, PKK Baros, SMAN 1 Dayeuhkolot, SMP Garuda, SDN Lengkong, MTs–MA Al Mukhlisin, SDN Cipagalo 1–3, dan SDN Sukabirus.

Melalui permainan, demonstrasi, serta eksplorasi teknologi sederhana, pengunjung diajak memahami bagaimana sains dan teknologi dapat hadir dalam bentuk yang ramah dan menyenangkan.

Sejumlah unit inovasi Telkom University turut memeriahkan acara melalui presentasi berbagai teknologi unggulan, antara lain: AI Laboratory; Mobile Innovation Laboratory;  CoE HUMIC Engineering; Metaverse Research & Experience Center; Pusat Unggulan Ipteks PT Sensing IoT; DIGIN – Smart IoT & Ergonomic Innovation.

Pameran ini tidak hanya menampilkan hasil riset mutakhir, tetapi juga memberikan pengalaman langsung bagi peserta untuk berinteraksi dengan teknologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) Telkom University, Dr. Eng. Faisal Budiman, S.T., M.Sc., menegaskan bahwa pameran ini menjadi bukti nyata bahwa riset kampus dapat dimanfaatkan untuk menghadapi isu-isu sosial secara langsung. 

“Pameran ini menunjukkan bahwa inovasi kampus dapat diterjemahkan menjadi media edukasi yang mudah diakses masyarakat. Kami berharap pengalaman interaktif ini membantu peserta memahami isu perlindungan anak dengan cara yang lebih dekat, sekaligus membuka ruang kolaborasi agar teknologi dapat terus digunakan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan berdaya,” ujar Faisal.

Pameran Sains & Teknologi BERAKSI Berbasis AR ini menjadi momentum penting untuk memperkuat literasi sains di masyarakat. Melalui kegiatan yang dekat dengan publik, universitas ingin menjadi ruang dialog yang memungkinkan masyarakat mendapatkan klarifikasi terkait isu-isu teknologi yang berkembang.

“Harapannya, di masa kini dan mendatang, literasi sains dan teknologi masyarakat semakin baik. Masyarakat dapat menjadikan universitas sebagai tempat bertanya ketika muncul isu atau hoaks terkait sains,” ujar Reinard Primulando, Ph.D., Tim Pakar Kemdiktisaintek.

Penulis: Belinda Fransisca Bunadi | Editor: Adrian Wiranata | Foto: Public Relations

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Secret Link