14 Nov 2019

Telkom University Tanam Ratusan Pohon di DAS Citarum

BANDUNG, Telkom University – Sesuai dengan Perpres no 15 tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, Telkom University terus berkontribusi dalam melestarikan dan menciptakan sungai citarum menjadi tempat yang indah dan menjadikan citarum harum kembali.

Pada Rabu 13 November 2019, Telkom University kembali mengadakan kegiatan di Daerah Aliran Sungai (DAS) sector 6 sungai citarum, dalam kegiatan ini Telkom University besama Pangdam III Siliwangi dan LLDIKTI mengelar lomba perahu sekaligus penanaman pohon di sector 6 Citarum.

Agus Pratondo Ph.D selaku ketua panitia pada program Citarum Harum ke-3 ini, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan launching hasil capaian pembelajaran penerapan rekayasa sosial & teknologi, serta kegiatan kkn tematik pada lingkungan das citarum guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitarnya.

“pada program ke-3 ini terdapat beberapa program yang telah kami laksanakan, diantaranya adalah  melanjutkan riset pengawasan kualitas air dengan robot air dan drone, melanjutkan pembuatan Incenerator dan melanjutkan pendampingan pelatihan kano di sektor 7.” Ucapnya.

Selain melanjutkan program yang sudah berjalan, Agus menambahkan bahwa terdapat beberapa program baru yang akan dilaksanakan bersama kurang lebih 150 mahasiswa Telkom University yang sudah bergabung dalam KKN Tematik Citarum Harum ini.

“saat ini kami sudah ada 5 program baru, diantaranya adalah Workshop dan revitalisasi Sungai Citarum pada 1 dan 2 November 2019. Pada kegiatan tersebut diselenggarakan diskusi dengan Gerry, WALHI, dan Green Nation, kemudian penanaman di sektor 0 tanaman keras yang melibatkan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Telkom University (6 November 2019) dengan melibatkan 50 mahasiswa Telkom University, Penanaman 650 pohon Pucuk merah, nangka, Mangga, pohon kayu keras (10-11 November 2019), Sekolah lingkungan di sektor 6, (11 November 2019) yang melibatkan para dosen pemerhati lingkungan di Telkom University dan Workshop Capaian Pembelajaran pada KKN Tematik Citarum Harum (12 November 2019) dengan mengajak  33 program studi di lingkungan Telkom University  untuk memikirkan bersama suatu konsep pembelajaran KKN tematik ini.” Ucapnya.

Tepat tanggal 13 November ini terdapat beberapa kegiatan yang melibatkan Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya berserta jajaran Wakil Rektor, Dekan dan Direktur, serta turut hadir yakni Pangdam Siliwangi yang diwakili Komandan Sektor 6, Kolonel Arh. Dodo Irmanto untuk melaksanakan kegiatan :

penanaman pohon secara simbolis, lomba perahu karet, lomba kano, emo sistem monitoring sungai berbasis IoT denga robot dan drone serta penyerahan perpustakaan alam.

Prof. Adiwijaya dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menhidupkan kegiatan di sungai citarum, mulai dari masyarakat, seluruh sivitas akademika dan pihak pangdam Siliwangi.

“kerja keras kita dalam menciptakan citarum kembali harum ini semata-mata untuk keberlangsungan hidup generasi penerus kita dimasa depan, saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak, mari kita bersama-sama dalam mengembalikan harumnya Citarum.” Ucapnya.

(NAI)