Bandung, Telkom University – Salah satu support system dalam meningkatkan kenyamanan para pengguna sarana transportasi publik adalah bagaimana mengelola antara ketersediaan kendaraan, penjadwalan, dan jalur yang dilalui. Berangkat dari pengalaman pribadi saat menggunakan sarana transportasi publik, salah seorang dosen Program Studi Information Technology dari Fakultas Informatika Telkom University, Rahmat Yasiandi tergerak untuk mengembangkan fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi publik.
โIde pertama kali muncul, mungkin karena saya sebagai salah satu dosen yang sedang studi lanjut S3 di Thailand. Disana saya sering menggunakan layanan sejenis untuk bus publik. Kendala yang sama saya rasakan di Thailand, ketidakpastian menunggu busโ.
Melihat adanya kebutuhan dalam mengoptimalkan fasilitas Tel-U Car (TUC), Rahmat mengajak rekan-rekannya di Center for Assessment and Application of Technological Innovation for Society (CAATIS) Research Alliance untuk mengembangkan fitur terbaru yang dapat memudahkan TelUtizen dalam melihat posisi TUC secara real time. โKami mengkonfirmasi dengan kondisi di lapangan juga sama ternyata, sehingga kami coba untuk merealisasikannya bersama rekan-rekan di CAATIS-RAโ ujar Rahmat.
Terkait dengan penamaan fitur yang unik disampaikan juga oleh Rahmat โJadi ini mungkin relate juga namanya karena ada kemiripan dengan moda transportasi khas di Thailand yaitu tuktuk. Bapak Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Tel-U, Henry Christiady juga mengusulkan nama โTuc Tucโ karena pas dengan singkatan dari Tel-U Carโ ujar Rahmat.
Saat ini โMy Tuc-Tucโ menjadi fitur terbaru yang dapat diakses melalui Aplikasi MyTelU Mobile. Rahmat juga menambahkan bahwa fitur โMy Tuc-Tucโ saat ini ver.1.0 dan akan dikembangkan lebih baik kedepannya. Performansi dari fitur tersebut juga nantinya akan disempurnakan kembali pada versi lanjutannya.
Penulis: Tia Hanna Diniasti | Editor: Daris Maulana | Dokumentasi: Public Relations