19 Nov 2019

Tim Tel-U Menjadi Juara di Multimedia and Game Event (MAGE) di ITS

Bandung, Telkom University – Kembali, Mahasiswa Telkom University menjadi juara pada sebuah event skala nasional yang terselenggara di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, yaitu Multimedia and Game Event (MAGE) 5. Merupakan salah satu kompetisi development yang bertujuan sebagai wadah bagi pelajar dan mahasiswa untuk mengeksplorasi kreativitas dan inovasi di bidang teknologi.
Tiga mahasiswa yang berkompetisi disana adalah dua mahasiswa Fakultas Teknik Elektro (FTE) Amri Kurniawan dan Sri Dewi Sartika, satu mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan (FIT) yaitu Ahmad Adhitya Nurhadi. Mereka bertiga membuat sistem bernama Saritem (Smart Corn Plant System). Merupakan sistem yang berbasis Internet of Things untuk pemantauan kesuburan tanah yang meliputi kelembapan tanah, curah hujan, suhu, dan kelembapan udara yang dibuat khusus dengan Algoritma Pemrograman Aritmatika Aljabar dengan realtime untuk lahan pertanian Jagung.
Mereka berhasil meraih juara pada babak final yang diselenggarakan pada tanggal 17 November 2019 di Balai Pemuda Surabaya, dengan raihan juara 1 pada kategori Internet of Things (IoT). Setelah bersaing ketat dengan tim dari Universitas Gadjah Mada.
Amri menjelaskan, beberapa persiapan telah dilakukan sebelum mengikuti kompetisi ini, seperti Memastikan sistem dari Saritem (Smart corn plant system) ini berjalan dengan baik, Menggunakan metode pembaharuan yang dirancang dalam pengukuran curah hujan, Membuat kompleksitivitas sistem dari Saritem seperti pengukuran luas lahan, lokasi, history, realtime, dan telegram bot.