25 Feb 2020

Tumbuhkan Jiwa Antikorupsi Melalui Karya

BANDUNG, Telkom University – Memperingati Hari Antikorupsi Internasional yang jatuh pada tanggal 9 Desember, Telkom University melalui unit Center for Teaching and Learning Excellence (CTLE), kembali menggelar event tahunan Seminar dan Puncak Penganugerahan Kompetisi Propaganda Antikorupsi 2019 dengan mengusung tema “Bersinergi Melawan Korupsi!” Tujuan utama dari penyelenggaraan rangkaian agenda ini adalah menjaga dan mempertahankan integritas dan semangat anti korupsi di kalangan civitas akademik Universitas Telkom, yang pada dasarnya menekankan pada makna integritas sesungguhnya.

Tahun ini diadakan kompetisi karya antikorupsi yang dibuka sejak November 2019, terdiri dari 5 kategori lomba, diantaranya adalah Lomba Poster, Lomba Fotografi, Lomba Film Pendek, Lomba Stand Up Comedy dan Lomba Mini Riset.

Pada puncak acara yang berlangsung 4 Desember 2019 di Gedung Damar Telkom University, Cut Irna Setiawati selaku panitia pada acara ini menjelaskan bahwa terdapat 566 karya yang dihasilkan oleh mahasiswa.

“jumlah karya yang masuk pada kompetisi ini terbagi atas kompetisi mini riset dengan mengusung topik Penggunaan Dana Desa yang mayoritas berasal dari mahasiswa kelas PKN Universitas Telkom sebanyak 75 karya, 110 berupa karya film pendek, sebanyak 289 karya poster yang kami terima, 84 hasil jepret mahasiswa dalam kompetisi fotografi, dan ditambah 1 kompetisi baru yaitu stand up comedy.” Ucapnya.

Pada momen ini juga ditandatangani MOU kerjasama antara Universitas Telkom dan Indonesia Corruption Watch (ICW) dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) terkait dengan Integritas, Etika dan Antikorupsi.

Selain pengumuman para pemenang kompetisi di puncak acara terdapat juga penampilan Presentasi dari tim nominasi terbaik Mini Riset dan Seminar dengan menghadirkan narasumber yaitu  Kordinator Utama Indonesia ICW: Adnan Topan Husodo, M.A dan Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat : Dan Satriana. Keduanya membahas  mengenai bagaimana pemuda melawan korupsi di era informasi saat ini. Acara ditutup oleh penampilan pemenang stand up comedy atas nama Arijuddin Muhammad Rahmatul Qalbi, mahasiswa S1 Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom.