01 Jul 2020

Young Citizen Journalism

Fakultas Komunikasi dan Bisnis menyelenggarakan Communication & Business Webinar Series bagi Mahasiswa dan SMA/SMK se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa dan siswa SMA/SMK untuk mengetahui minatnya terutama di bidang jurnalistik. Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin (30/06) secara online melalui Aplikasi Zoom.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 partisipan dengan menghadirkan pembicara yaitu Anisa Diniati, S.I.Kom., M.I.Kom., selaku dosen program studi S1 Digital Public Relation. Pada webinar series #6 mengusung tema ‘Young Citizen Journalism’.

Anisa menjelaskan mengenai Citizen Journalism sebagai pengantar materi. Citizen Journalism adalah aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa, bukan oleh seorang jurnalis profesional yang tidak terikat dengan institusi media. Ada beberapa perbedaan antara Citizen Journalism dengan Profesional Jurnalis, yaitu kode etik, Undang-Undang Pers dan pembekalan dasar-dasar jurnalistik yang baku.

“Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar berita yang dibuat oleh Citizen Journalism dapat dipublikasikan, yaitu materi eksklusif, menarik dan nilai berita tinggi. Selain itu materi berita yang tidak tercover oleh Jurnalis TV Profesional juga boleh dipublikasi oleh Citizen Journalism,” ucapnya.

Anisa menambahkan bahwa Citizen Journalism dan Profesional Jurnalis harus bahu membahu karena penyebaran Citizen Journalis lebih luas, maka Citizen Journalis tumbuh dan harus bergandengan dengan media-media besar. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Citizen Journalis yaitu murah, cepat dan mudah diakses. Selain itu, Citizen Journalis juga memberi masyarakat ruang untuk berpendapat dan memunculkan sudut pandang yang baru. Citizen Journalis juga dapat menjadi pelengkap media tradisional dalam melaporkan berita sekaligus mendukung fungsi kontrol sosial.

Anisa juga menjelaskan tiga cara dalam melakukan Citizen Journalism; pertama, konten harus orisinil atau dibuat langsung oleh seseorang tanpa adanya tiruan, bukan salinan atau imitasi; kedua, format berita lebih baik mengandung 5W 1H dan menjaga konsistensi publikasi berita; ketiga, etik publik yang merupakan kejujuran dan kredibilitas, Citizen Journalism tidak boleh berbohong mengenai informasi.

“Semoga dengan adanya webinar ini mampu menumbuhkan minat mahasiswa dan siswa menjadi seorang Young Citizen Journalism karena terdapat peluang yang besar dan merupakan profesi yang cukup menarik. Kita bisa membantu untuk mempublikasi informasi dari manapun dan kapanpun berita yang ada di sekitar kita.”

Sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia, Telkom University terus berbenah diri, baik mahasiswa, tenaga pengajar, maupun alumninya. Hal tersebut tercermin dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan sesuai fokus Telkom University pada bidang Research and Entrepreneurial. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat mengedukasi agar lebih aware terhadap informasi yang ada di sekitar kita.

Previous Article Next Article