3 Tips untuk Seimbangkan Kegiatan Akademik dan Non Akademik-mu!

foto artikel

Bandung, 25 Mei 2023

Kegiatan non akademik adalah bagian dari aktivitas mahasiswa yang tidak kalah pentingnya dengan kegiatan akademik. Sebab, ada banyak kemampuan yang dibutuhkan mahasiswa yang dapat diperoleh dengan mengikuti kegiatan non akademik. Namun, terkadang kedua aktivitas tersebut kerap kali memiliki tingkat kesibukan yang tinggi dan tidak jarang menimbulkan stress. Untuk itu, keseimbangan antara kehidupan akademik dan non akademik merupakan kunci agar dapat menyeimbangkan keduanya. 

Yuk simak beberapa tips di bawah ini yang dapat membantu kamu menjalani semuanya dengan seimbang

  1. Kelola waktu dengan baik menggunakan jadwal harian

Biasanya stress dalam kegiatan terjadi ketika mahasiswa mulai tidak bisa mengontrol kegiatannya dengan baik. Kamu bisa mulai untuk menyeimbangkannya kembali dengan mulai menata jadwal harianmu secara spesifik. Tentukan apa saja yang menjadi aktivitas prioritasmu sejak awal, dan mulailah untuk menyesuaikannya dengan waktu yang kamu miliki. Jangan lupa untuk mengalokasikan waktu untuk istirahat dan berolahraga juga, ya! Kamu harus memiliki tenaga yang cukup agar dapat menjalani aktivitasmu yang padat.

2. Pahami prioritas 

Kesibukan bisa saja terjadi akibat kamu belum memetakan aktivitas apa yang penting untuk kamu lakukan. Agar kamu dapat mulai menata kehidupan akademik dan non akademik yang seimbang, kamu harus terlebih dahulu memahami dengan bijak hal-hal yang menjadi prioritas. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memetakan prioritas adalah membaginya dalam skala: penting dan mendesak; penting tidak mendesak; tidak penting dan mendesak; dan tidak penting dan tidak mendesak. Jika memiliki skala prioritas, kamu dapat mulai mengerjakan aktivitas-aktivitas berdasarkan tingkat kepentingan dan keterdesakannya, serta mulai mengurangi aktivitasmu yang  tidak penting dan tidak mendesak.

3. Fokus dengan hal yang sedang kamu lakukan

Banyaknya hal yang harus dilakukan terkadang membuat kamu mudah terdistraksi. Biasanya ketika sedang mengerjakan satu hal muncul keinginan melakukan hal lainnya yang tidak jarang justru membuat pekerjaanmu tidak terselesaikan dengan baik. Untuk mengatasinya, cobalah untuk fokus dengan hal yang sedang kamu lakukan saat ini. Buatlah komitmen dalam dirimu untuk tidak memulai pekerjaan lain sebelum menyelesaikan pekerjaan sebelumnya. Dengan menciptakan fokus, kamu dapat menyelesaikan tugasmu dengan lebih efektif dan maksimal. 

Tentu tidak mudah menyeimbangkan kegiatan akademik dan nonakademik yang kamu jalankan bersamaan. Namun, ingatlah apa yang menjadi tujuanmu ketika memulai aktivitas tersebut. Kamu harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah kamu mulai dengan menyelesaikannya sebaik mungkin. 

Penulis: Aqila Zahra Qonita | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *