Bandung, 21 Mei 2025 – Telkom University kembali menggelar Market Day sebagai bagian dari penguatan pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan nyata dari Bagian Pengembangan Akademik dalam menumbuhkan semangat kemandirian, kejuangan, serta jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Tidak hanya sebagai ajang praktik bisnis, Market Day juga menjadi strategi penting dalam upaya mewujudkan visi Telkom University sebagai National Excellence Entrepreneurial University berbasis SAFE AI pada tahun 2028, yang berkontribusi pada pemenuhan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals).
Mengusung tema “Reliving the Nostalgia” dengan tagline “Revive the Past, Grow for the Future”, Market Day 2025 mengajak mahasiswa untuk menggali kembali nilai-nilai masa lalu yang penuh makna sebagai inspirasi dalam menciptakan inovasi masa depan. Melalui konsep retro yang unik, kegiatan ini mendorong kolaborasi lintas generasi, menggabungkan warisan budaya dengan pendekatan kewirausahaan modern.
Acara ini diselenggarakan pada Rabu (21/05), bertempat di Lapangan Gedung Serbaguna, Telkom University, dan melibatkan 148 kelompok usaha yang terdiri atas lebih dari 1.500 mahasiswa dari 14 program studi di lingkungan Telkom University. Para peserta menghadirkan beragam produk dan layanan kreatif, mulai dari makanan dan minuman yang dimasak langsung di tempat (freshly cooked FnB), produk siap saji (ready to eat), hingga kerajinan tangan dan jasa lainnya.
Melalui Market Day, mahasiswa tidak hanya belajar menjual produk, tetapi juga mengasah kemampuan manajerial, komunikasi, serta inovasi dalam mengembangkan ide bisnis. Hal ini sejalan dengan komitmen Telkom University dalam mencetak lulusan yang tidak hanya berdaya saing global, tetapi juga memiliki wawasan kewirausahaan yang adaptif terhadap perubahan zaman dan reflektif terhadap nilai-nilai historis.
Dengan memadukan kreativitas, kolaborasi, dan nilai-nilai budaya, Market Day menjadi bukti nyata semangat entrepreneurship di Telkom University yang terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.
Penulis: Sobran Mudopar | Editor: Abdullah Adnan | Foto: Narasumber