Innovillage, Ciptakan Inovasi Untuk Kemajuan Desa

Anugerah Innovillage 2021

Anugerah Innovillage 2021BANDUNG, Telkom University – Program Innovillage 2021, kolaborasi Telkom University (Tel-U) dengan PT Telkom Indonesia telah rampung digelar. Kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital, dengan tujuan menggugah seluruh mahasiswa/mahasiswi perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat desa melalui inovasi-inovasi digital yang aplikatif, dengan memiliki keterkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), sehingga tercipta kemanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang terukur.

Di tahun ke-2 penyelenggaraan Innovillage kali ini, diikuti oleh 50 perguruan tinggi secara nasional dengan lebih dari 1000 proposal yang masuk dan dipilih 120 proposal terbaik yang didanai sebagai social project di 120 desa yang meng-cover 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Program ini diselenggarakan selaras dengan program yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo untuk perencanaan transformasi digital terutama untuk kesiapan transformasi digital desa dalam bidang komunikasi, informasi, edukasi, infrastruktur dan penyediaan layanan internet. Acara ini juga wujud nyata penerapan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dalam melahirkan talenta-talenta digital masa depan menuju Indonesia Maju.

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya menyampaikan bahwa program InnoVillage 2021 hadir dengan tagline Empowering Young Sociopreneur For Sustainable Digital Village yang merupakan kolaborasi yang diinisiasi antara Telkom Community Development Center (CDC Telkom) dan Direktorat Career, Alumni, and Endowment (CAE) Telkom University.

“Melalui program ini mahasiswa diharapkan untuk tetap produktif di tengah Pandemi Covid-19 dengan melakukan kegiatan sosial di desa yang membawa kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Program Kampus Merdeka yaitu Kuliah Kerja Nyata atau Kegiatan Lapangan sebagai wujud nyata Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa.” Jelasnya.

Innovillage 2021 resmi diluncurkan pada Agustus 2021, dan kali ini pada acara Anugerah Innovillage 2021 yang berlangsung secara daring melalui Zoom dan disiarkan melalui kanal Youtube Innovillage telah diumumkan para peraih penghargaan dari setiap kategori lomba sebagai berikut:

  1. Kategori Best Community Engagement diraih oleh Tim Simpenan Laura dari IT Telkom Purwokerto.
  2. Best Appropriate Technology Solution daraih oleh Tim Perancangan Mesin Pengering Rumput Laut dari IT Telkom Surabaya
  3. Best Digital Social Solution diraih oleh Tim My I-Pond dari Telkom University
  4. Best Digital Earth/Green Conservation diraih oleh Tim Nyampih dari ITB
  5. Best Digital Economic Solution diraih oleh Tim Dcreativ dari Telkom University
  6. Collaborative Innovillage Local Hero diraih oleh Pandu Sujatmoko selaku Kepala Desa Nganjat, Polanharjo, Klaten, Jawa Timur.
  7. Best Of The Best Innovillage 2021 diraih oleh tim My I-Pond dari Telkom University, dengan project Monitoring Kualitas Air pada Sungai Ponggok Berbasis IoT : Sebagai Mitigasi Gagal Panen untuk Petambak Ikan Nila di Desa Nganjat.

Direktur Human Capital Management PT Telkom Indonesia, Afriwandi, mengucapkan selamat kepada para peraih penghargaan Innovillage 2021, menurutnya inovasi dan ide-ide yang diberikan oleh rekan-rekan mahasiswa adalah solusi untuk kemajuan desa di Indonesia.

“Selamat untuk para peraih penghargaan, semoga melalui inovasi-inovasi yang kalian hasilkan dapat memajukan desa–desa di Indonesia menjadi desa digital, dan diharapkan ke depan melalui Innovillage Indonesia dapat melahirkan karya inovasi digital serta melahirkan talenta-talenta digital muda yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.” Jelasnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.