Bandung, Telkom University – Puncak kegiatan Anniversary Telkom University ke 32 Tahun dengan mempersembahkan “Digital Talent and Innovation: Creating The Future”. Acara ini dimeriahkan dengan talkshow, MSIB Fair, serta Market Day. Acara ini berlangsung pada Selasa (29/11) di halaman depan Convention Hall Telkom University. Tujuan acara ini diselenggarakan ialah untuk mendukung mahasiswa dalam merealisasikan business plan serta menjalankan kegiatan usaha yang sebelumnya telah melalui tahapan pitching dalam mata kuliah kewirausahaan. Tujuan lainnya ialah memberikan wadah dengan memfasilitasi kegiatan transaksi antara kelompok kewirausahaan dengan pelanggannya.
Acara ini dimeriahkan oleh lebih dari 200 kelompok tenant mahasiswa Telkom University yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan di semester Ganjil TA 2022/2023. Jumlah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan di semester Ganjil TA 2022/2023 adalah 2.123 mahasiswa dari 14 program studi. Produk penjualan yang ditawarkan beragam, mulai dari makanan ringan, makanan berat, aneka minuman, tas, baju, jasa cuci sepatu hingga jasa cetak foto. Harga barang yang ditawarkan cukup terjangkau dengan harga kisaran Rp 5.000,00 hingga Rp 15.000,00.
“Alhamdulillah sukses banget, bahkan banyak mahasiswa yang komentar bahwa Market Day 2022 kemarin ini semaraknya melebihi ekspektasi mereka. Banyak sekali kelompok kewirausahaan yang produknya habis terjual. Bahkan sold out nya di dua jam awal pelaksanaan market day, sekitar jam 10-an. Dari dosen-dosen yang berkunjung juga banyak yang antusias membeli produk-produk yang dijual mahasiswa. Termasuk juga dosen-dosen pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan yang merasa bangga dengan kemampuan mahasiswa dalam menjual dan mempromosikan produknya. Kesuksesan acara tersebut, menurut saya, juga tidak terlepas dari acara puncak anniversary Tel-U yaitu MSIB Fair dan Innovation Expo yang diselenggarakan pada waktu yang bersamaan. Pengunjung kegiatan tersebut banyak yang juga tertarik untuk melihat2 ke area market day.” jelas Indria selaku dosen pembimbing kegiatan Market Day 2022.
Dalam kegiatan tersebut, juga terdapat penilaian kepada para tenant yang dipilih sebagai ‘Produk Unggulan Market Day 2022’. Untuk kategori Non-Kuliner dijuarai oleh ‘Toko Berjalan’ yang berasal dari program studi S1 Ilmu Komunikasi dengan dosen pembimbing Ibu Zartika Zahra. Sedangkan kategori Kuliner dimenangkan oleh ’Euphoria Group’ dari program studi S1 Informatika dengan dosen pembimbing Bapak Ahman Sutardi.
Selaku dosen pembimbing kegiatan Market Day 2022, diharapkan kedepannya acara ini dapat terus berlangsung dan juga selalu mendapatkan dukungan dari pihak Telkom University.
“Harapannya kegiatan Market Day 2022 ini terus mendapat dukungan dari universitas supaya pelaksanaannya bisa tetap semarak dan sukses seperti tahun ini” ujar Indria.
Penulis: Tia Hanna Diniasti | Editor: Adnan