Kerjasama Pengelolaan Limbah B3 antara Tel-U, UiTM dan NRLink

Tel U dan UITM

Universiti Teknologi MARA Malaysia dan perusahaan NR Link Systems melakukan kunjungan ke Telkom University secara luring yang berlangsung pada Selasa (28/06). Agenda kunjungan ini berfokus pada bagaimana ketiga institusi untuk dapat lebih mempererat kerja sama dalam pengelolaan waste management melalui alat inovasi incenerator yang akan dikembangkan bersama.

Mewakili pimpinan Telkom University, Dekan Fakultas Teknik Elektro, Dr. Bambang Setia Nugroho, S.T., M.T. mengatakan bahwa impact dari sebuah penelitian yang dihasilkan oleh institusi pendidikan menjadi prioritas. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas.  

“Beberapa tahun kebelakang kami fokus pada manfaat dari sebuah Penelitian. Di Tel-U, kami ada Bandung Techno Park sebagai media hilirisasi, hulunya itu di fakultas. Nanti BTP lah yang akan mengemas sampai kerjasama dengan industri. Sehingga para dosen bisa fokus saja pada inovasi dan penelitian.” Ungkap Bambang.

Adapun ruang lingkup kerja sama yang akan menjadi tujuan dari bertemunya ketiga pihak ini diantaranya adalah, Tel-U akan mengembangkan produk incenerator multiguna dengan sistem otomatis untuk pengelolaan limbah kategori B3. UiTM nantinya akan berperan untuk menghasilkan byproduct dari hasil pengelolaan limbah. Sementara NRLink akan mendukung segala kebutuhan teknis yang Tel-U perlukan dalam pembuatan inceneratornya.

Deputy Vice Chancellor (Research and Innovation) UiTM, Prof. Ts. Dr. Norazah Abd Rahman mengungkapkan apresiasi kepada Tel-U yang senantiasa terbuka pada setiap peluang kerja sama dengan berbagai institusi termasuk UiTM. Beliau juga membuka kesempatan bagi dosen Tel-U yang tertarik untuk studi lanjut S3 UiTM.

“Kami berharap apa yang sedang kita laksanaak hari ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya adalah pengelolaan limbah yang saat ini menjadi concern permasalahan global. Selain itu, kami membuka kesempatan bagi dosen Tel-U yang tertarik untuk studi S3 disana. Kedepan semoga kolaborasi yang terjalin dapat lebih banyak lagi.” Ungkap Norazah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.