Kolaborasi 3 Fakultas Telkom University Berbagi Materi Konten Digital bersama SMK Telkom 2 Medan

Kolaborasi 3 Fakultas Telkom University Berbagi Materi Konten Digital bersama SMK Telkom 2 Medan

Kamis (23/6) menjadi hari pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat Kolaborasi 3 Fakultas Telkom University bersama SMK Telkom 2 Medan. Tiga fakultas ini tergabung dari Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Industri Kreatif (FIK). Kegiatan abdimas ini diketuai oleh Amalia Djuwita yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam.

Kegiatan dibuka oleh MC bernama Caseey Adela Tasliman yang di lanjut dengan sambutan oleh Amalia selaku ketua acara dan Adrianto selaku kepala sekolah SMK Telkom 2 medan. ‘Digital Literacy’ menjadi tema abdimas yang di laksanakan secara online via Zoom Meeting. Dua dosen Digital Public Relations yang menjadi pembicara di kegiatan ini yaitu Martha Tri Lestari dan Amalia Djuwita.

Materi pertama diawali oleh Martha Tri Lestari yang membawa materi berjudul ‘Ngonten?! Siapa Takut?’. Konten yang efektif menurutnya saat ini yaitu konten Instagram live, Tktok live dan sebagainya yang mampu memberikan kesan hidup dan aktif . Konten yang dibagikan ini bisa spesifik misal dengan kupas tuntas salah satu jurusan di SMK Telkom 2 Medan.

“Caption media sosial (foto/video) itu konten juga. Tapi untuk lebih hidupnya kita bisa pake konten-konten yang fitur-fiturnya live”, jelas Martha.

Selanjutnya materi yang berjudul ‘Membuat Konten Kreatif’ menjadi materi yang dipaparkan oleh Amalia. Dalam pembuatan konten tidak hanya mengandalkan tingkat kreativitas saja, akan tetapi diperlukan adanya kecerdasan logika yang harus dipahami untuk bisa menarik para audience. Menurutnya konten-konten itu tercipta dari kreativitas creatornya (pembuat konten).

“Content Creator dia harus memiliki kemampuan kreatif dalam mengemas informasi menjadi sebuah konten yang diminati dan di kunjungi oleh publik luas,” ujar Amalia.

Content Creator harus memahami tentang apa, mengapa dan bagaimana membentuk personal branding. Kemudian personal branding seorang content creator itu harus kuat karena dilihat dari sasaran yang di harapkan instansi.

Kegiatan yang diwarnai dengan sesi tanya jawab hingga games menambahkan kesan menyenangkan dan aktif akan terlaksananya kegiatan ini. Dengan terlaksananya kegiatan ini mampu menambah insight dan wawasan dari Sivitas Akademika SMK Telkom 2 Medan tentang Konten Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.