30 Agu 2021

Mahasiswa Tel-U Hasilkan Research Carbon Footprint Calculator Untuk Mengurangi Dampak Perubahan Iklim di Lingkungan Tel-U

Mahasiswa Telkom University kembali meraih prestasi yang membanggakan pada sebuah ajang kompetisi nasional yaitu Inovasi Kampus Berkelanjutan Indonesia (IKABI) 2021 pada Agustus lalu. Kompetisi ini diselenggarakan oleh SDGs Center Universitas Lampung (UNILA GreenMetric) yang bekerja sama dengan UI Green Metric.

Ada dua kategori yang dilombakan dalam event ini, yaitu Karya Tulis Ilmiah dan Videografi. Keduanya perlu sesuai dengan tema yang diangkat pada kompetisi ini yaitu “Implementasi Konsep GreenMetric dalam Pengelolaan Kampus Berkelanjutan di Indonesia”.

Kompetisi ini berlangsung mulai dari 28 Juni hingga 13 Agustus secara daring Zoom di Universitas Lampung. Terdiri dari beberapa tahapan yaitu mengirimkan karya tulis ilmiah yang dilombakan, seleksi, pengumuman finalis 20 besar, dan terakhir yaitu pitching dihadapan dewan juri dalam penentuan juara.

Tim dari Telkom University ini bernama Dextor. Terdiri dari tiga mahasiswa yaitu Muhammad Yusuf Basqara, Akhdan Pangestuaji Widodo, dan Pramudia Putra Pamungkas. Selama berkompetisi tim ini di dampingi oleh Dr.Eng.Alfian Akbar Gozali sebaai dosen pembimbing.

Tim Dextor berhasil meraih juara 1 setelah membuat sebuah Karya Tulis Ilmiah dengan judul “CARBON CARE : Social Mobile Platform Berbasis Carbon Footprint Calculator dalam Rangka Mengurangi Dampak Perubahan Iklim untuk Mendukung Inovasi Kampus Berkelanjutan di Lingkungan Telkom University”.

“Universitas yang cukup kompetitif yaitu UGM dan UNILA, pada tahap pertama mereka lebih unggul nilainya, saat itu nilai kami berada pada posisi 3 besar. Namun pada tahap pitching kami (Tel-U) berhasil memberikan penampilan yang maksimal sehingga dapat mengalahkan kompetitior” ungkap Yusuf.

Menurut Yusuf, ekosistem yang terbangun di Telkom University dan himpunan pada program studi mendorong setiap mahasiswa memiliki semangat untuk berkompetisi secara sehat dan memiliki keinginan untuk mencoba berbagai kompetisi.

“Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada institusi yang telah memberikan dukungan secara moril maupun materil, khususnya kepada ketua program studi kami yaitu Bapak Rahmadi Wijaya, S.Si., M.T (RWJ).” Ungkap Yusuf.

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan