20 Feb 2020

Pengampuan Dosen Telkom University Tahun Akademik 2019-2020

Bandung, Telkom University – Pada hari Kamis (9/1) Tel-U melaksanakan pengampuan dosen tahun akademik 2019/2020 di Aula Fakultas Ilmu Terapan. Kegiatan ini rutin diselenggarakan ketika akan memasuki semester baru dengan tujuan mensosialisasikan program apa yang akan dicapai pada perkuliahan di semester yang akan ditempuh. Pada kesempatan kali ini, kegiatan pengampuan dosen dihadiri oleh Prof. Uman Suherman, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat.

Pada sambutannya, Prof. Uman , mengungkapkan ada dua hal yang perlu diperhatikan dosen saat hendak memulai kegiatan mengajar, yaitu Transfer Knowledge, dan Transfer Culture (Value).

“Transfer Knowledge maksudnya adalah keilmuan seorang dosen harus terus di tingkatkan. Dosen diharapkan memiliki pengetahuan yang jauh lebih luas dari mahasiswa, jangan sampai mahasiswa menyesal diajar oleh kita. Kedua adalah Transfer Culture, atau transfer value. Dosen harus memiliki cara berpikir yang berbeda, cara bicara perlu dijaga, cara merasakan sesuatu juga harus dijaga.” ungkap Uman.

Sedangkan pesan yang disampaikan oleh Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya adalah terus mencari room for improvement di tahun 2020 ini. “Mengawali 2020 sudah banyak prestasi yang kita raih, namun kita tidak boleh lalai. Akan selalu ada room for improvement. Tentunya integritas tetap harus kita jaga, capaian apapun tanpa integritas yang baik tidak akan bagus. Bagi para dosen, gunakan 10 menit pertama untuk mendapatkan impresi dari mahasiswa.”

Kegiatan pengampuan dosen ini nantinya pengampuan akan dilakukan di fakultas masing-masing. Para dosen baru akan langsung diberikan arahan untuk siap menghadapi kegiatan mengajar yang akan berlangsung pekan lagi.