23 Okt 2020

Puncak Acara GEMASTIK XIII

BANDUNG, Telkom University – Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi atau Gemastik ke XIII telah usai diselenggarakan, kompetisi tahunan yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPERNAS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi.

Ditahun ke 13 penyelenggaraannya Telkom University kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah pagelaran mahasiswa bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terbesar di Indonesia.

Pada tahun ini sebanyak 2.869 tim dari 175 perguruan tinggi, yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia, berpartisipasi pada kompetisi yang dibagi menjadi 11 divisi lomba, diantaranya adalah : Programming, Cyber Security, Data Mining, UX Design, Animation, Smart City, ICT Scientific Paper, Software Development Smart Device, Embedded System IoT, Game Development, dan ICT Business Development.

Dalam proses seleksi, seluruh divisi melakukan 1 kali tahapan seleksi dan 2 kategori yaitu Divisi Pemrograman dan Keamanan Siber melakukan tahapan seleksi secara daring. Dari hasil proses seleksi yang dilakukan oleh para juri, telah terpilih 130 tim yang berasal dari 55 perguruan tinggi dan 47  Perguruan tinggi diantaranya berasal dari luar Jawa Barat yang tersebar di 14 Provinsi untuk masuk kedalam babak semifinal, yang digelar pada Kamis 22 Oktober 2020, dan babak final pada 23 Oktober 2020.

Pada puncak acara Gemastik ke 13 yang berlangsung pada, Jumat (23/10), melalui zoom aplikasi, dan disiarkan live di youtube channel Telkom University, telah diumumkan para juara dari setiap divisi lomba, dan Universitas Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum pada Gemastik XIII tahun 2020, dengan peraihan 3 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu, serta meraih piala bergilir GEMASTIK.

Turut hadir pada upacara penutupan GEMASTIK XIII, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Dalam sambutannya Nadiem menyampaikan bahwa, melalui kompetisi GEMASTIK banyak ide-ide baru muncul, dimana menurutnya walapun dalam masa pandemic seperti saat ini, tidak menyurutkan semangat, justru menjadikan peserta lebih kritis dan kreatif.

“Kami (Kemendikbud) berkomitmen untuk terus mengembangkan prestasi mahasiswa, maupun satuan pendidikan, agar ilmu dan karakter yang ditempa melalui ajang ini, dapat menjadi bekal guna menghadapi tantangan di masa depan.” Jelasnya.

Mendikbud berpesan kepada seluruh peserta GEMASTIK XIII, agar terus memperkuat kolaborasi, karena melalui ajang GEMASTIK XIII, merupakan kesempatan bagi seluruh peserta untuk memperkuat kolaborasi.

“Saya yakin kemampuan berkolaborasi melalui kegiatan ini, akan sangat berguna bagi teman-teman mahasiswa, untuk meraih kesuksesan di dunia kerja, karena pemimpin dalam bidang apapun di masa depan bukanlah individu yang hanya menguasai teknologi, tapi mampu berkomunikasi, bersinergi, dan memiliki kepedulian terhadap sesama. Pesan saya teruslah berkolaborasi, berinovasi dengan penuh dedikasi dan selalu berkarya untuk kebaikan bersama.” Ucapnya.

Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga, kepada seluruh peserta GEMASTIK XIII, menurutnya seluruh peserta GEMASTIK XIII adalah pemenang, karena melalui kompetisi ini, seluruh peserta telah memberikan ide-ide terbaiknya untuk bersama-sama memajukan bangsa Indonesia.

“Selamat kepada para pemenang, dan yang belum berkesempatan meraih juara, agar tetap semangat dan terus lakukan continuous improvement, sehingga kedepan bisa melakukan yang lebih baik lagi dari sekarang. Semoga dari ide-ide dan gagasan yang tertuang pada kompetisi ini, bisa membawa kebaikan dan kebermanfaatan untuk masyarakat Indonesia.” Ucapnya.

Berikut adalah para peraih mendali dari masing-masing divisi lomba, dalam ajang GEMASTIK XIII :

Juara Umum : Universitas Indonesia

Divisi I : Pemrograman (Programming)

Juara 1 : Institut Teknologi Bandung

Juara 2 : Universitas Indonesia

Juara 3 : Universitas Bina Nusantara

Juara Harapan : Universitas Indonesia

Divisi II: Keamanan siber (Cyber Security)

Juara 1 : Institut Teknologi Bandung

Juara 2 : Institut Pertanian Bogor

Juara 3 : Telkom University

Juara Harapan : Institut Teknologi Bandung

Divisi III: Penambangan data (Data Mining)

Juara 1 : Universitas Indonesia

Juara 2 : Universitas Indonesia

Juara 3 : Institut Sepuluh November

Juara Harapan : Telkom University

Divisi IV: Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)

Juara 1 : Institut Pertanian Bogor

Juara 2 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara 3 : Institut Teknologi Bandung

Juara Harapan : Universitas Indonesia

Divisi V: Animasi (Animation)

Juara 1 : Telkom University

Juara 2 : ISI Surakarta

Juara 3 : Institut Teknologi Bandung

Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November

Divisi VI: Kota Pintar (Smart City)

Juara 1 : Universitas Indonesia

Juara 2 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara Harapan : Institut Teknologi Bandung

Divisi VII: Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)

Juara 1 : Universitas Padjajaran

Juara 2 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara 3 : Universitas Gunadarma

Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November

Divisi VIII: Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)

Juara 1 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara 2 : Universitas Gajah Mada

Juara 3 : Universitas Indonesia

Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November

Divisi IX: Piranti Cerdas, Sistem Benam & iOt (Smart Device, Embedded System & iot)

Juara 1 : Politeknik Caltex

Juara 2 : Universitas Dian Nuswantoro

Juara 3 : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November

Divisi X: Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development)

Juara 1 : Institut Teknologi Sepuluh November

Juara 2 : Universitas Gajah Mada

Juara 3 : Universitas Sumatera Utara

Juara Harapan : Telkom University

Divisi XI: Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)

Juara 1 : Universitas Indonesia

 Juara 2 : Telkom University

Juara 3 : Universitas Brawijaya

Juara Harapan : Telkom University

The Most Inspiring Teams :

Universitas Negeri Gorontalo

Institut Teknologi Kalimantan

Pertandingan Esport :

Kategori Game Mobile Legend :

Juara 1 : Universitas Gunadarma

Juara 2 : Telkom University

Juara 3 : Telkom University

Kategori Game Valorant :

Juara 1 : Telkom University

Juara 2 : Telkom University

Juara 3 : Binus University

Previous Article Next Article