Saat ini, industri kosmetik dan kecantikan sangat berkembang pesat di Indonesia. Beragam produk kecantikan dan skincare ditawarkan untuk perempuan, laki-laki hingga anak-anak. Mulai dari pelembab kulit, menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit hingga mencerahkan wajah. Namun seiring berjalannya waktu, semakin pesatnya produk kosmetik dan skincare, semakin pesat pula pesan-pesan yang disampaikan kepada masyarakat sehingga banyak persepsi yang muncul di masyarakat terkait dengan makna kecantikan.
Kurangnya awareness pada bahan-bahan berbahaya dalam produk kecantikan dan skincare juga menimbulkan perasaan dilema dalam memilih produk yang tepat. Melihat hal tersebut salah satu start up eksternal binaan Bandung Techno Park (BTP), Natural Me hadir dalam bentuk aplikasi beauty yang berbasis Android dan iOS yang dapat menjawab permasalahan-permasalahan pada mayoritas konsumen kecantikan dan skincare.
Chief Executive Officer (CEO) Natural Me, Arifian Tri Laksana, S.T. memaparkan bahwa aplikasi ini dapat membantu memberikan informasi terkait produk kecantikan dan skincare. Sehingga dapat meminimalisir ketidakcocokan pengguna dengan bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Dengan dilengkapi berbagai fitur seperti Beauty Commerce, Beauty Consultation dan Beauty Sharing Community.
“Fitur lain yang tersedia yaitu layanan konsultasi gratis premium selama 15 menit mengenai keluhan kondisi kulit yang bertujuan untuk meningkatkan confidence level customer dalam membeli produk kecantikan .” ujar Arifian
Natural Me sendiri berdiri sejak akhir tahun 2021, dan merupakan salah satu start up binaan Bandung Techno Park Telkom University (BTP) hingga saat ini, Natural Me memulai komersialisasinya pada Juli 2022.
Adapun anggota lain dari startup Natural Me diantaranya, sebagai Advisor, Dr. Revi; Chief Business Development Office (CBDO) Ratih Rachmatika, S.T.; Chief Marketing Officer (CMO), Firstiana Istiqomah, S.Stat. sebagai CMO, dan Chief Product Officer (CPO), Verren Nadhifa Mutiara Sukma, S.Ked.
“Hingga saat ini Natural Me masih terus mengembangkan teknologi Artificial Intelligence atau AI untuk mempermudah user Natural Me dalam menggunakan platform. Harapannya dapat terus memberikan manfaat dan awareness kepada masyarakat dalam memilih, membeli hingga menggunakan produk kosmetik dan skincare.” harap Arifian.
Penulis: Aprilia Sekar N | Editor: Abdullah Adnan | Foto: Public Relations