Tel-U Gelar Market Day 2024: Langkah Nyata Wujudkan Education Excellence in Entrepreneurial University

Tel U Gelar Market Day 2024 Langkah Nyata Wujudkan Education Excellence in Entrepreneurial University

Bandung, 29 Mei 2024 – Mengutip Catatan Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia saat ini baru mencapai rasio kewirausahaan sebesar 3,47 persen. Rasio tersebut belum mencapai angka minimal yang menjadi prasyarat Indonesia untuk menjadi negara maju pada tahun 2045, yakni empat persen dari populasi penduduk. Mencetak pengusaha muda di sektor UMKM dinilai merupakan upaya strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional. Sebagaimana disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Dadan Rahadian, S.T., M.M. dalam pembukaan kegiatan Market Day 2024, kewirausahaan adalah basis ekonomi terkuat bagi Indonesia.

Market Day 2024 merupakan rangkaian kegiatan dari mata kuliah Kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib bagi mahaiswa Telkom University (Tel-U). Kegiatan ini menjadi wujud langkah konkret Tel-U dalam merealisasikan Education Excellence in Entrepreneurial University 2024. Digelar di Lapangan Gedung Serbaguna Tel-U pada tanggal 29 – 30 Mei 2024, kegiatan ini diikuti oleh 289 kelompok usaha yang dikelola oleh 2.892 mahasiswa. 

“Dengan adanya mata kuliah kewirausahaan dan Market Day ini, sejatinya rekan-rekan sedang diajarkan berbagai softskill yang dibutuhkan di masa depan dan menumbuhkan jiwa entrepreneurial rekan-rekan sebagai mahasiswa. Sehingga nantinya, rekan-rekan dapat turut serta menjadi basis ekonomi terkuat Indonesia yang mampu bertahan dalam kondisi apa pun, termasuk resesi dan berbagai tantangan lainnya,” jelas Dadan.

Dadan juga mendorong para mahasiswa untuk tidak hanya menjalankan kegiatan ini sebatas memenuhi tugas mata kuliah, melainkan dapat melanjutkannya dalam kegiatan Work Ready Program (WRAP) Entrepreneurship. Program WRAP Entrepreneurship sendiri merupakan program Merdeka Belajar pada bidang kewirausahaan yang disediakan oleh Tel-U bagi mahasiswa yang tertarik untuk menjadi pengusaha.

Salah satu stan kelompok usaha yang ada pada Market Day 2024 ini adalah Artech Good. Menghadirkan produk tas serbaguna, Artech Good tidak hanya menjual produk, melainkan pengalaman melukis bagi para pembeli. Perwakilan kelompok usaha Artech Good,  Rifqi (mahasiswa Desain Interior 2022) menyebutkan bahwa ia dan tim-nya kerap menghadapi berbagai tantangan yang menyenangkan dalam mengikuti kegiatan Market Day 2024 ini.

“Buat kelompok kita, tantangannya beragam, sih. Mulai dari kita jahit tasnya sendiri, meracik warna sendiri dari warna dasar. Tapi acara tetap berkesan dan menyenangkan. Kita jadi bisa liat berbagai kreativitas teman-teman yang lain juga,” ujar Rifqi.

Prosesi pembukaan kegiatan Market Day juga turut dihadiri oleh Direktur Akademik, Parman Sukarno, S.T., M.Sc., Ph.D.; Direktur Pengelolaan Dana Abadi, Ir. Ahmad Tri Hanuranto, M.T.; Direktur Logistik dan Aset, Taufan Umbara, S.T., M.M .; Direktur Pasca Sarjana dan Advance Learning, Dr. Iis Kurnia Nurhayati, S.S., M.Hum.; Dekan Fakultas Informatika (FIF), Dr. Z. K. Abdurahman Baizal; beserta jajaran pimpinan lainnya. 

Penulis: Aqila Zahra Qonita| Editor: Adrian Wiranata | Foto: Public Relations

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *