13 Nov 2019

Telkom University dan BSSN Gelar Seminar Dan Workshop Nasional

BANDUNG, Telkom University – Dalam rangka pembelajaran dan peningkatan kualitas sumber daya manusia terkait keamanan siber, Telkom University sebagai salah satu universitas berbasis TIK terbaik di Indonesia bekerjasama dengan BSSN (Badan Siber & Sandi Negara) dan IHP akan menyelenggarakan Seminar dan Workshop Honeynet dengan tema “Peningkatan Kemampuan Pendeteksian Dini dan Koordinasi Dalam Rangka Cyber Situational Awareness”.

Acara yang berlangsung mulai tanggal 12 – 13 November 2019 ini Diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan wawasan masyarakat terkait Situasi Ruang Siber yang saat ini sedang berkembang di dunia serta mengedukasi masyarakat bagaimana memanfaatkan sistem Deteksi Dini Nasional yang dimiliki oleh BSSN.

Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi  (Irjen Pol) Aries Wahyu Sutikno saat membuka acara ini mengatakan bahwa tiga area kunci dalam cyber situational awareness, yakni computing and network component, threat information, dan mission dependencies.

“Dari tiga area kunci tersebut akan membentuk network awareness, threat awareness, dan mission awareness, dimana Network Awareness merupakan disiplin dalam membentuk konfigurasi, melakukan audit, melakukan update peralatan teknologi Informasi, kemudian Threat Awareness tentang bagaimana kita melakukan identifikasi dan deteksi ancaman baik dari dalam maupun dari luar, dan yang ketiga Mission Awareness merupakan tindakan bagaimana melakukan planning atau gambaran secara komprehensif tentang bagaimana mengoperasikan ruang siber ke depan mulai dari mengidentifikasi risiko sampai melakukan mitigasi.” Tegasnya.

BSSN sangat mengapresiasi kegiatan seminar dan workshop ini sebagai bentuk kolaborasi melalui berbagi informasi di berbagai kalangan, khususnya kalangan akademisi. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan situational awareness untuk mengurangi adanya ancaman dalam bentuk human error ataupun ancaman dari luar.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan tujuan bangsa ini yaitu menciptakan SDM unggul, dimana siber security di Telkom University sudah terjalin dengan berbagai pihak mulai dari Palo Alto Networks (PAN).

“Disini kami juga sudah memiliki “Cyber Security Laboratory” yang mencakup SOC (Security Operation Center) dan NOC (Network Operation Center), dari sini juga kami berharap agar para peserta khususnya mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat bermanfaat dan ditujukan untuk meningkatkan keamanan bangsa ini.” Ucapnya.

Pada pembukaan acara ini juga berlangsung penanadatanganan nota kesepahaman antara Telkom University dan BSSN, dimana kedua belah pihak sepakat dalam bidang Pendidikan, penelitian dan Pengabdian Masyarakat.