05 Mar 2021

Telkom University dan TNI AL Menggelar Maritime Hackathon 2021

BANDUNG, Telkom University – Sebagai kampus yang berbasis IT, Telkom University terus berkontribusi untuk bangsa salah satunya pada bidang Maritim. Telkom University dan Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL melakukan kerjasama menyukseskan program Maritime Hackathon 2021 dalam rangka Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika di Markas Komando Dispotmaral, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya No 10 Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Kamis, (4/3).

“Maritime Hackathon 2021 bisa menghasilkan produk-produk yang sangat bermanfaat tidak hanya berupa konsep ide saja, tetapi sebuah produk digital yang bisa dikembangkan seperti Web Base Apps, Mobile Apps, Data Processing & Analysis, serta Internet of Things (IoT)”, pungkas Brigjen TNI (Mar) Nurri.

Dekan Fakultas Informatika Telkom University Dr. Z.K. Abdurahman Baizal, S.S.I., M.Kom., menyampaikan dukungannya karena PPKM – Hackathon dinilai sebagai bentuk sinergi kedua institusi untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional dan Telkom University sebagai mitra akademis.

“Fakultas Informatika Telkom University sebagai lembaga akademisi di bidang IT, Alhamdulillah telah beberapa kali menjadi penyelenggara acara serupa dengan Hackathon ini, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menyukseskan Hackathon Maritim 2021 kali ini,” ucapnya.

Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim yang dikemas dalam kegiatan Maritime Hackathon 2021 ini merupakan kompetisi kreatifitas menciptakan ide dan inovasi yang akan diimplementasikan dalam pengembangan beragam produk inovatif, berupa pengelolaan data dan pengembangan potensi maritim untuk mendukung sektor edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir.

“Hackaton Maritim 2021 ini adalah kegiatan yang sangat baik untuk menumbuhkan kepedulian akan potensi maritim Indonesia serta untuk menjaring ide dan inovasi berbasis IT. Kami menyambut baik kerjasama Dispotmar TNI AL dengan Fakultas Informatika Telkom University dalam kegiatan ini sebagai bentuk sinergi kedua institusi untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional.”

Mengusung tema ‘Maritim Jaya, Indonesia Hebat’, PPKM-Maritime Hackathon 2021 terselenggara atas kerjasama Dispotmaral dengan Telkom University dan TemanSiswa.com. Kompetisi dengan total hadiah Rp. 100 juta ini, terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan profesional Warga Negara Republik Indonesia. Para peserta lomba dapat membentuk tim maksimal 3 orang dan mendaftarkan diri mulai tanggal 5 Februari sampai dengan 22 Maret 2021, melalui website https://hackathonmaritim.id/.

Dengan target mencapai 100 tim, Grand Final Maritime Hackathon akan menghasilkan 10 tim finalis dan diumumkan pada 7-8 April 2021 di media sosial Instagram @hackathonmaritim dan Twitter @MaritimeHack.

“Semoga event ini dapat menjadi kegiatan tahunan yang diadakan oleh Dispotmar TNI AL.” Demikian disampaikan oleh Dr. Z.K. Abdurahman Baizal selaku Dekan Fakultas Informatika, Telkom University.

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan