Telkom University Meraih Sertifikasi Internasional AUN-QA

Perguruan Tinggi Universitas Swasta Terbaik di Bandung Indonesia, Tel-U telah terakreditasi Unggul, dan program studinya sudah terakreditasi Unggul atau A.

Bandung, Telkom University – Telkom University mengikuti kegiatan Sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN QA). Sertifikasi Internasional ini dikeluarkan pada 3 Oktober 2021 lalu. Dari hasil assessment yang dilakukan, tiga program studi magister Telkom University telah tersertifikasi AUN-QA, yaitu S2 Teknik Elektro, S2 Teknik Industri dan S2 Informatika.

Sertifikasi ini telah diajukan Telkom University pada akhir tahun 2020 dan divisitasi pada Agustus 2021. Terdapat 11 kriteria penilaian pada sertifikasi ini, yaitu Program Learning Outcome, Program Specification, Program Structure & Content, Teaching & Learning Approach, Student Assessment, Academic Staff Quality, Support Staff Quality, Student Quality & Support, Facilities & Infrastructure, Quality Enhancement dan Output.

ASEAN University Network (AUN) merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang kerjasama antara Perguruan Tinggi yang berada di kawasan Asia Tenggara. AUN sendiri didirikan sebagai wadah untuk menjamin mutu perguruan tinggi, penguatan kerjasama dan bertanggungjawab mempromosikan jaminan kualitas pendidikan tinggi serta berkolaborasi dengan pihak regional maupun internasional di Kawasan ASEAN. Sedangkan AUN-QA merupakan salah satu kegiatan sertifikasi yang dilakukan oleh AUN dalam melakukan penjaminan mutu, pada setiap program studi universitas yang menjadi anggotanya.

Selain itu, AUN-QA juga bisa menjadi batu loncatan menuju akreditasi Internasional di tingkat global. Manfaat untuk universitas yang program studinya mendapatkan sertifikasi AUN-QA adalah kesetaraan kualitas program studi di universitas tersebut dengan program studi berkualitas yang ada di ASEAN. Telkom University sendiri telah resmi terdaftar menjadi AUN-QA Associate Member pada 2 Oktober 2019.

Sejalan dengan Misi Telkom University, Rektor Telkom University menyampaikan bahwa sertifikasi ini dilakukan sebagai langkah strategis dalam memenuhi standar internasional di bidang pendidikan.

“Terima kasih kepada seluruh sivitas akademika, alumni, & stakeholder Telkom University yang telah berkontribusi pada sertifikasi ini, ini merupakan amanah bagi kita untuk terus memberikan proses penjaminan mutu pendidikan yang lebih baik lagi.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.