10 Agu 2021

Tim Dosen Telkom University Turut Mendampingi Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Telkom Bandung

Penerimaan Peserta Didik Baru atau yang disebut dengan PPDB merupakan kegiatan rutin yang kerap dilakukan oleh Institusi Pendidikan, pun dilakukan oleh salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Telkom School-Yayasan Pendidikan Telkom, yaitu SMK Telkom Bandung.

Kegiatan PPDB tersebut tentunya telah memiliki rangkaian program guna mendukung agar kegiatan terselenggara dengan baik dan bahkan dapat mencapai segala aspek yang telah menjadi tolak ukur pencapaiannya, salah satunya dalam hal melakukan strategi Marketing.

Disrupsi Pandemi telah mengubah pola bekerja seluruh lapisan masyarakat, terutama dengan adanya himbauan Work From Home (WFH) maka aktifitas masyarakat pun lebih banyak dilakukan sebgaian besar dari rumah menggunakan perangkat digital, termasuk kegiatan PPDB yang saat ini sebagian besar harus dilakukan secara digital/online.

Namun demikian, “show must go on!” program marketing PPDB SMK Telkom Bandung harus tetap terlaksana dengan memutar haluan dari kegiatan yang kerap dilakukan secara Offline menjadi secara Online dengan konteks “Digital Marketing”.

Melihat perubahan pola kerja dari Offline menjadi Online, cukup banyak dampak yang dirasakan dan hal tersebut menyebabkan perlu adanya penyesuaian kembali dalam melaksanakan program Digital Marketing dan bahkan perlu adanya insight dari pihak eksternal terkait program yang sudah mereka lakukan saat ini, salah satunya adalah dengan dilakukan Pendampingan PPDB SMK Telkom Bandung melalui konteks Digital Marketing oleh Tim Dosen Universitas Telkom yang berkolaborasi dari tiga Fakultas, yaitu Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB), Fakultas Industri Terapan  (FIT) dan juga Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) yang dikemas dalam program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan dari bulan Agustus hingga September 2021.

Bagi Tim PPDB SMK Telkom Bandung 2021, dengan adanya rangkaian kegiatan Pendampingan yang dikemas dalam Digital Workshop Series merupakan suatu “blessed” yang mana hal ini dapat mereka jadikan lecutan dalam tetap semangat dalam menjalankan program Digital Marketing agar segala sesuatunya sesuai dengan target yang dicapai.

Kegiatan Digital Workshop Series ini terdiri dari sembilan sub topik pendampingan, yang mana dua sub topik perdana yang dilaksanakan yaitu “Menumbuhkan jiwa marketer guru dan karyawan” dan juga “Pengembangan konsep, positioning dan differentiation lembaga pendidikan” telah dilaksanakan secara online pada Sabtu (07/08).

Kegiatan yang diketuai oleh Martha Tri Lestari, S.Sos., MM yang merupakan dosen Program Studi Digital Public Relations Telkom University dimulai dengan sambutan oleh Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yaitu Bapak Dr. Eng. Kemas Muslim L yang dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber yang tentunya kredibilitasnya sudah tak perlu diragukan lagi.

Dalam sambutannya, Kemas mengatakan bahwa direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat akan mendukung penuh dalam kegiatan pendampingan ini, dan tentunya berharap keberlanjutan jangka panjang akan menjadi ajang silaturahmi yang bermanfaat secara umum bagi seluruh civitas Telkom School khususnya SMK Telkom Bandung.

Dengan adanya program ini, merupakan bukti kontribusi Telkom University untuk peningkatan kualitas layanan pendidikan di sekolah-sekolah. Ini juga bukti sinergi berbagai lembaga di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yang keberadaanya menguatkan satu sama lain.

“Sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, kami siap memberikan solusi-solusi digital untuk meningkatkan kualitas layanan sekolah, baik pada lingkup YPT maupun dengan sekolah lainnya diluar YTP,” ujar Kemas.

Krishna Prasetyo Surendro selaku kepala sekolah SMK Telkom Bandung dalam keterharuannya menyambut hangat atas rangkaian program ini dan sangat mengharapkan partisipasi dan kontribusi penuh seluruh civitas SMK Telkom Bandung dalam menyerap ilmu yang diberikan.

“Kami siap mengosongkan Ember untuk menampung ilmu dari Bapak/Ibu semua,” ujar Khrisna.

Pengabdian Kepada Masyarakat sesi perdana ini menghadirkan lima pemateri, yakni dosen Fakultas Ilmu Terapan, Sri Widaningsih S.Psi., MM dan Dr. Astri Wulandari, SE.,MM, lalu dosen Fakultas Komunikasi Bisnis, Dini Salmiyah FIthrah Ali, S.S., M.Si dan Martha Tri Lestari S.Sos.,MM, juga Refi Rifaldi Windya Giri ST.,MBA dari Fakultas Ekonomi Bisnis yang terbagi pada dua subtopik yang berbeda, yakni menumbuhkan jiwa marketer guru dan karyawan dan pengembangan konsep, positioning dan differentiation lembaga pendidikan.

Pada sesi pagi hari, dalam pemaparannya, Sri mengatakan manusia dan bisnis tidaklah statis, namun berubah seiring waktu.

“Dengan self-awareness, para marketer dapat menjalankan fungsinya dengan lebih fokus bahkan memperoleh hasil sesuai dengan harapannya,” ujar Sri.

Dilanjutkan dengan pemaparan dari Dini Salmiyah selaku pemateri kedua pun memberikan masukkan agar seluruh civitas SMK Telkom Bandung dapat senantiasa berperan sama menjadi seorang marketer. “Setiap orang adalah marketer bagi institusinya,” ujar Dini.

Astri menambahkan pada sesi akhir bahwa “Semua personil yang terlibat di institusi pendidikan merupakan tenaga pemasar, sehingga penting untuk memperhatikan attitude serta product knowledge”, ujar Astri.

Kegiatan yang berlanjut pada sesi siang, masih diikuti oleh para peserta yang semangat dan antusias dalam menerima ilmu dari para pemateri, sesi yang dikemas dalam sesi “brainstorming” oleh Martha Tri Lestari S.Sos.,MM dan juga Refi Rifaldi Windya Giri ST.,MBA.

Ketika mengkaji ulang program Digital Marketing terkait strategi, positioning dan differentiation seluruh tim yang terlibat harus “mengevaluasi diri” untuk continuous improvement. 

“Evaluasi strategi itu hal yang sangat penting ya, saat ini evaluasi bisa dilakukan juga secara online, salah satunya dalam melihat opini publik yang muncul pada kanal media sosialnya SMK Telkom Bandung,” ujar Martha.

Melengkapi hal itu, Refi mengatakan “Terkadang kita tidak tahu, apakah program pemasaran kita berhasil atau tidak, kecuali kita melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada program tersebut, itulah esensi dari perencanaan pemasaran”, ujar Refi.

Para Civitas SMK Telkom Bandung yang hadir pun sangat menikmati program kegiatan ini dan tak sabar untuk bertemu kembali pada rangkaian digital workshop series selanjutnya.

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan