14 Mei 2020

Berbicara Tentang Global HR Bersama Dir SDM

BANDUNG, Telkom University – Program donasi 100 hari yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University masih terus bergulis, memasuki episode ke-10, Kiki Sudiana, Dosen sekaligus Direktur Sumber Daya Manusia akan berbicara tentang Global HRM (Human Resource Management).

Program 100 hari untuk Indonesia, merupakan short online training dengan topik-topik manajemen populer. Seluruh biaya pendaftaran dari peserta akan didonasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat selama Covid-19.

Melalui program ini Kiki menjelaskan bagaimana proses rekrutmen dalam proses perusahaan yang bersifat Internasional, Multinasional bahkan Transnasional.

“Beberapa perbedaan dalam proses rekrutmen yang harus kita ketahui apabila ingin masuk kedalam perusahaan global, dan beberapa perbedaan pengelolaan SDM dari berbagai negara adalah berdasarkan ekonomi, hukum dan culture.” Ucapnya.

Dalam Global HRM, Kiki menambahkan bahwa ada beberapa value yang diperhatikan perusahaan global dalam proses rekrut, yakni Ethnocentric, kemudian Polycentric, Geocentric dan Regiocentric.

“Selain itu kita juga harus perhatikan perbedaan pengelolaan SDM diberbagai negara, dimana itu semua mencakup Ekonomi negara tersebut, hukum yang berlaku dan culture nya.

Apabila ingin bekerja di perusahaan Global, Kiki mengatakan harus bisa beradaptasi dinegara tersebut, pelajari tentang budaya dan hukum negara yang dituju, karena beradaptasi di suatu negara juga menjadi concern dalam proses rekrutmen.

“Beradaptasi di negara yang baru kita datangi terutama hal kita akan melakukan pekerjaan dengan waktu yang lama, akan mengharuskan kita beradaptasi dengan cepat, oleh karena itu proses adaptasi bisa menjadi concern bagi perusahaan, terutama adaptasi yang harus dilakukan keluarga apabila sudah menikah.” Jelasnya.

Kiki mengatakan hal yang harus diperhatikan apabila akan memasuki perusahaan global adalah perhatikan peraturan ketenagakerjaan disuatu negara, bagaimana seorang pekerja asing dinegara tersebut hukumnya.

“Selain hukum yang ada, kita juga harus perhatikan pajak yang berlaku disana, ada beberapa negara yang mengharuskan pekerja asing membayar pajak dinegara tersebut, selain itu pehatikan unions dinegara tersebut, bagaimana unions bagi warga negara Indonesia, cari tahu jumlah nya.” Ucapnya.

Previous Article Next Article