07 Agu 2020

Dunia Pendidikan Dimasa Pandemi

BANDUNG, Telkom University – Seluruh sektor perindustrian di Dunia harus dihadapkan dengan wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona atau yang biasa dikenal dengan COVID-19 (Corona Virus Diseases-19). Lalu bagaimana kondisi sektor pendidikan di Indonesia dimasa pandemi ini?

Elsevier Asia Pasific menggelar Webinar Expert Series bertajuk “The Roles of Higher Education in Facing the New Normal: During and After Covid-19″. Dalam webinar ini Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya dan Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia Dr. Devie Rahmawati akan sharing tentang bagaimana Perguruan Tinggi menghadapi pandemi ini.

Webinar yang berlangsung melalui Zoom Aplikasi, Selasa (19/5), diikuti oleh seribu partisipan dari seluruh Indonesia.

Dalam pemaparannya, Prof. Adiwijaya menjelaskan bahwa yang terjadi saat ini merupakan The New Normal dan Telkom University setelah ditetapkan status pandemi oleh pemerintah telah melakukan Work/Study From Home sejak Maret 2020 lalu.

“Setelah diberlakukan pandemic ini, kami langsung menunda wisuda yang biasa kami lakukan di bulan Maret, hal tersebut guna pencegahan meluasnya penyebaran COVID-19, selain itu kami telah membentuk tim gugus siaga COVID-19, dimana ini merupakan bentuk kepedulian kami (Tel-U) guna pencegahan covid-19.” Ucapnya.

Selama berlangsung Study From Home, Prof. Adiwijaya menjelaskan bahwa proses pembelajaran dilakukan online learning, baik kelas online, ujian berlangsung secara online, tugas akhir hingga sidang akhir dilakukan secara online.

“Selain itu kami juga lakukan subsidi kuota internet kepada seluruh mahasiswa, dosen dan staff guna mempermudah proses study/work from home nya.” Ucapnya.

Prof. Adiwijaya mengatakan bahwa saat ini proses perkuliahan semester ganjil sudah selesai dilaksanakan, dan menurut kepuasan yang mahasiswa berikan kepada kampus, tingkat kepuasan yang diperoleh dari mahasiswa mencapai 95%.

“Tingkat kepuasan 95% yang kami (Tel-U) terima adalah, kepuasan student terkait online learning. Kami biasa meminta mahasiswa untuk melakukan feedback setiap akhir semester, hal ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan kedepannya.” Ucapnya.

Prof. Adiwijaya menambahkan bahwa dengan memantau kondisi seluruh sivitas akademika melalui checkin online setiap hari, itu merupakan bentuk kepedulian Tel-U guna pencegahan COVID-19.

“Kami mengharuskan semua baik mahasiswa, dosen dan pegawai untuk check in setiap hari, check in disini untuk mengabarkan kondisi diri dan keluarga guna memantau kondisi seluruh sivitas.” Jelasnya.

Prof. Adiwijaya berharap dari webinar ini bisa bersama-sama menghentikan penyebaran covid-19.

“Semoga apa yang kami (Tel-U) share kepada partisipan bisa bermanfaat, sehingga kita bisa bersama-sama melewati pandemi ini.” Tutupnya.