06 Agu 2020

FAST Ramadhan Sharing bersama Head of Jakarta Smart City

ZOOM – Forum Alumni Telkom University (FAST) kembali menggelar acara talkshow berjudul FAST Ramadhan Sharing yang berlangsung bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Sabtu (2/5) melalui aplikasi platform video conference, Zoom.
Kali ini narasumber yang hadir pada FAST Ramadhan Sharing ini adalah Yudhistira Nugraha, D. Phil yang saat ini menjabat sebagai Head of Jakarta Smart City yang merupakan alumni Telkom University Teknik Elektro angkatan tahun 1999. FAST Ramadhan Sharing kali ini dimoderatori oleh Dinda Amanda Zuliestiana, SE., MM. yang merupakan salah satu dosen di Telkom University.
Tema FAST Ramadhan Sharing kali ini adalah Perjalanan Studi, Karir, & Smart City Jakarta yang akan di paparkan oleh Yudhistira Nugraha, D.Phil. Bagaimana beliau awal masuk berkuliah di Telkom University yang dulu bernama STT Telkom, hingga saat ini memimpin pengelolaan di Jakarta Smart City.
Yudhistira Nugraha, D. Phil mengungkapkan perjalanan organisasi dan kegiatan selama beliau berkuliah di Tel-U. Perjalanan karir Yudhistira bisa dilihat pada gambar berikut ini:
Kota Jakarta perlu menjadi kota yang inovatif, karena menurut Yudhistira, Jakarta adalah sebuah kota yang ukurannya besar. Mengacu pada tagline kota Jakarta, yaitu Maju Kotanya Bahagia Warganya maka implementasi smart city di Jakarta harus bisa meningkatkan roda ekonomi, kualitas hidup dan dampak lingkungan yang positif.
Beliau juga memaparkan langkah-langkah yang dilakukan Jakarta Smart City dalam menghadapi wabah Covid-19, karena banyaknya pasien ODP dan PDP yang tidak jujur darimana saja mereka bepergian, Yudhistira dan tim melakukan tracking menggunakan nomor handphone sehingga mengetahui posisi pasien darimana dan kemana saja sebelum positif Covid-19.
Menurutnya konsep Jakarta Smart City bisa terus berkembang, terutama jika ada kolaborasi kuat antara masyarakat dan pemerintah untuk terus bersinergi meningkatkan konsep kota pintar di Jakarta.