BANDUNG, Telkom University – Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi atau Gemastik ke XIV telah usai diselenggarakan, kompetisi tahunan yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPERNAS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi.
Di tahun ke-14 penyelenggaraan Gemastik, Telkom University kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah pagelaran mahasiswa bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terbesar di Indonesia ini.
Pada tahun ini sebanyak 3.164 tim dari 235 perguruan tinggi, yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia, berpartisipasi pada kompetisi yang dibagi menjadi 11 divisi lomba, yaitu: Programming, Cyber Security, Data Mining, UX Design, Animation, Smart City, ICT Scientific Paper, Software Development Smart Device, Embedded System IoT, Game Development, dan ICT Business Development.
Dalam proses seleksi, seluruh divisi melakukan 1 kali tahapan seleksi, dan 2 kategori yaitu Divisi Pemrograman dan Keamanan Siber melakukan tahapan seleksi secara daring. Dari hasil proses seleksi yang dilakukan oleh para juri, telah terpilih 230 tim yang berasal dari 67 perguruan tinggi dan 60 Perguruan tinggi diantaranya berasal dari luar Jawa Barat yang tersebar di 16 Provinsi untuk masuk ke dalam babak final, yang digelar pada Selasa 05 Oktober 2021, hingga Kamis 07 Oktober 2021.
Pada puncak acara Gemastik ke 14 yang berlangsung pada, Kamis (07/10), melalui aplikasi zoom, dan disiarkan live di kanal youtube Puspresnas, telah diumumkan para juara dari setiap divisi lomba, dan Institut Teknologi Sepuluh November berhasil keluar sebagai juara umum pada Gemastik XIV tahun 2021, dengan total peraihan medali 2 Emas, 2 Perak dan 5 Perunggu, serta meraih piala bergilir GEMASTIK.
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemdikbud, Prof. Nizam menyampaikan ucapan selamat dan terimakasih kepada seluruh peserta dan finalis GEMASTIK XIV tahun 2021 ini. Menurutnya melalui ajang ini seluruh mahasiswa dapat mengekspresikan kreasinya, menunjukan kompetensi dan kecakapannya dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi serta menjadi ajang menumbuhkan persahabatan antar mahasiswa perguruan tinggi.
“Saya ucapkan selamat kepada para finalis dan seluruh peserta yang telah berjuang dan memberikan ide- ide terbaiknya demi kemajuan ilmu teknologi di Indonesia, semoga melalui kompetisi ini menjadi pengalaman bagi rekan-rekan mahasiswa.” Ucapnya.
Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kembali kepada Telkom University untuk menjadi tuan rumah Pagelaran Mahasiswa nasional Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi terbesar di Indonesia.
“Suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami (Telkom University) dipercaya untuk ke-5 kalinya bisa menjadi tuan rumah GEMASTIK, terima kasih kepada Puspresnas telah mempercayakan kepada kami.” Ucapnya.
Ucapan selamat Prof. Adiwijaya sampaikan kepada seluruh finalis dan peserta GEMASTIK XIV tahun 2021, dan berharap apa yang peserta berikan untuk kompetisi ini dapat membawa kebaikan dan bisa menjadikan Indonesia Maju di bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi.
“Selamat sekali lagi kepada seluruh peserta GEMASTIK ke 14, karena mau bagaimanapun juga, kalian telah memberikan yang terbaik untuk kemajuan bangsa Indonesia dan kebermanfaatan untuk masyarakat melalui bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.” Jelasnya.
Berikut adalah para peraih mendali dari masing-masing divisi lomba, dalam ajang GEMASTIK XIV :
Juara Umum : Institut Teknologi Sepuluh November
Divisi I : Pemrograman (Programming)
Juara 1 : Universitas Bina Nusantara
Juara 2 : Universitas Indonesia
Juara 3 : Institut Teknologi Bandung
Juara Harapan : Universitas Indonesia
Divisi II: Keamanan siber (Cyber Security)
Juara 1 : Institut Teknologi Sepuluh November
Juara 2 : Universitas Gunadarma
Juara 3 : Universitas Amikom Yogyakarta
Juara Harapan : Universitas Bina Nusantara
Divisi III: Penambangan data (Data Mining)
Juara 1 : Institut Teknologi Bandung
Juara 2 : Telkom University
Juara 3 : Institut Teknologi Bandung
Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November
Divisi IV: Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
Juara 1 : Universitas Pelita Harapan Medan
Juara 2 : Universitas Gadjah Mada
Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November
Juara Harapan : Universitas Indonesia
Divisi V: Animasi (Animation)
Juara 1 : Institut Teknologi Bandung
Juara 2 : Telkom University
Juara 3 : ISI Surakarta
Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November
Divisi VI: Kota Pintar (Smart City)
Juara 1 : Institut Teknologi Sepuluh November
Juara 2 : Institut Teknologi Sepuluh November
Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November
Juara Harapan : Telkom University
Divisi VII: Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)
Juara 1 : Universitas Mataram
Juara 2 : Universitas Pendidikan Ganesha
Juara 3 : Universitas Gunadarma
Juara Harapan : Universitas Amikom Yogyakarta
Divisi VIII: Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)
Juara 1 : Universitas Lambung Mangkurat
Juara 2 : Institut Teknologi Sepuluh November
Juara 3 : Telkom University
Juara Harapan : Universitas Indonesia
Divisi IX: Piranti Cerdas, Sistem Benam & iOt (Smart Device, Embedded System & iot)
Juara 1 : Universitas Syiah Kuala
Juara 2 : Politeknik Caltex Riau
Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November
Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November
Divisi X: Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development)
Juara 1 : Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Juara 2 : Universitas Pendidikan Ganesha
Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November
Juara Harapan : Universitas Bina Nusantara
Divisi XI: Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)
Juara 1 : Telkom University
Juara 2 : Universitas Indonesia
Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh November
Juara Harapan : Institut Teknologi Sepuluh November
The Most Inspiring Teams :
Universitas Pamulang
Universitas Teknokrat Indonesia
Pertandingan Esport :
Kategori Game Mobile Legend:
Juara 1 : Universitas Sumatra Utara
Juara 2 : Universitas Negeri Yogyakarta
Juara 3 : Institut Pertanian Bogor
Kategori Game Valorant :
Juara 1 : Politeknik Caltex Riau
Juara 2 : Universitas Jendral Soedirman
Juara 3 : Telkom University
Poster Competition :
Juara 1 : Institut Teknologi Sepuluh November
Juara 2 : Universitas Jember
Juara 3 : Institut Seni Indonesia Surakarta
Juara 4 : Telkom University
(***)