11 Agu 2020

Kegiatan Abdimas di Tengah Pandemi Covid 19

BANDUNG, Telkom University – Meskipun berada dalam kondisi pandemik Covid 19 yang memaksa kita untuk tetap di rumah saja dan di tengah-tengah ibadah shaum bulan Ramadhan. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan produktivitas dan keinginan berbagi ilmu dari dosen-dosen Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk tetap melaksanakan Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (Abdimas) yaitu Dr. Adhi Prasetio, Dr. Dian Indiyati, Dr. Fetty Poerwita Sary, dan Dr. Nidya Dudija.

Bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat (DISKUK Jabar) khususnya Unit Pelaksana Teknis Daerah Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha (UPTD P3W), Abdimas kali ini menyasar UMKM-UMKM untuk diberikan pelatihan-pelatihan secara daring dalam rangka mengembangkan Kompetensi SDM unggul baik di bidang E-Commerce maupun pengelolaan SDM UMKM.

Adapun Pelatihan-pelatihan yang diberikan adalah 1) Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website UMKM dan 2) Pelatihan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) pada UMKM yang diselenggarakan pada hari Senin-Selasa, tanggal 11-12 Mei 2020 pukul 10.00-12.00 WIB. Pelatihan  selama 2 hari ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Drs. Kusmana Hartadji, MM. Hadir pula dalam pelatihan ini Kepala UPTD P3W, Dra. Tini Djumartini, Widyaiswara, dan UMKM. Untuk para peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan fasiltas berupa E-Certificate, Pulsa, dan Materi.

Pada Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 11 Mei 2020, dengan narasumber Dr. Adhi Prasetio, peserta akan belajar mengenai:

  1. Pengertian E-commerce dan Website
  2. Manfaat E-commerce dan Website
  3. Cara membuat akun google
  4. Cara membuat Website
  5. Cara Menulis Konten
  6. Cara mengelola Website
  7. Cara mengupload produk ke Website

Sementara itu, untuk Pelatihan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilaksanakan hari berikutnya yaitu hari Selasa tanggal 12 Mei 2020, dengan narasumber Dr. Dian Indiyati, peserta akan belajar mengenai:

  1. Skill yang dibutuhkan oleh seorang Pengusaha
  2. Pengelolaan SDM Unggul mulai dari :
  3. Merencanakan SDM,
  4. Recruitment, Seleksi dan Penempatan SDM,
  5. Pengembangan SDM dan
  6. Mempertahankan SDM

Diharapkan dari kegiatan ini, para peserta UMKM dapat mengembangkan usaha mereka menjadi lebih maju serta dapat mewujudkan SDM yang kompeten, produktif, profesional, dan berdaya saing di era globalisasi. Untuk kedepannya, kegiatan ini dapat terus berjalan baik yang sifatnya pemantauan peserta UMKM yang sudah mengikuti pelatihan, atau pemberian materi bagi peserta UMKM yang baru.