Sosialisasi Neo Feeder LLDIKTI Wilayah IV

sosialisasi aplikasi neofeeder

BANDUNG, Telkom University – Telkom University berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan sosialisasi pelaporan akademik melalui aplikasi Neo Feeder bagi Operator Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di LLDIKTI Wilayah IV.

Sosialisasi ini berlangsung secara daring, melalui zoom, dan disiarkan melalui kanal youtube LLDIKTI Wilayah IV Senin (20/6).

Mengutip dari laman dikti.kemdikbud.go.id, Neo Feeder yang merupakan versi terbaru dari aplikasi PDDikti Feeder digunakan untuk sinkronisasi data perguruan tinggi ke database Forlap. Melalui pembaruan ini, Neo Feeder menawarkan berbagai kemudahan baru, di antaranya integrasi dengan Kampus Merdeka, pendataan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), proses prefill lebih cepat, pembaharuan teknologi microservices, multi platform operating system, kemudahan langsung update di aplikasi, tampilan yang lebih segar, serta didukung dengan inovasi teknologi terbaru yang diharapkan dapat mempermudah para pengelola data di perguruan tinggi melakukan pelaporan dan sinkronisasi data.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV Dr. Dr. M. Samsuri menyampaikan bahwa, Indikasi perguruan tinggi taat asas adalah tergantung pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) kalau PDDikti tidak baik, maka sudah dipastikan perguruan tinggi tersebut tidak terkelola dengan baik, karena sistem pelaporan adanya di PDDikti.

“PDDikti ini bisa menjadi raw data kita untuk monitoring evaluasi baik untuk kepentingan penjaminan mutu internal maupun eksternal. Maka dari itu PDDikti ini sangat penting untuk disikapi dengan baik oleh setiap perguruan tinggi.” Ucapnya.

Dr. Samsuri menambahkan bahawa, perubahan dari feeder ke Neo Feeder ini tentu untuk menjadikan sistem pelaporan ini lebih baik, sekaligus menjadikan keamanan data lebih baik, agar tidak banyak kebocoran sistem.

“Saya berpesan kepada seluruh admin atau operator Neo Feeder bahwa, PDDikti yang dilaporkan harus Valid dan akuntabel, kami harap dari sosialisasi ini mampu menumbuhkan pemahaman admin/operator semakin meningkat, sehingga data yang dilaporkan akurat 100% valid dan akuntabel.” Ucapnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV juga menyampaikan terimakasih kepada Telkom University yang bersedia menjadi host atau tuan rumah penyelenggaraan sosialisasi ini.

“Telkom University sebagai perguruan tinggi yang besar dan unggul saya harap Tel-U dapat memberikan dukungan kepada perguruan tinggi lain, sehingga bersama-sama dapat meningkatkan kualitas Pendidikan tinggi di Indonesia.” Jelasnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Dadan Rahadian menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada LLDIKTI Wilayah IV atas kesempatan yang diberikan kepada Telkom University untuk menjadi tuan rumah pada acara ini.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mempercayakan Telkom University menjadi tuan rumah pada acara ini, semoga bersama-sama kita bisa meningkatkan mutu Pendidikan tinggi di Indonesia.” Jelasnya.

Acara ini juga diisi dengan arahan dari Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, Ph.D., selaku Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan diskusi panel oleh Franova Herdianto, S.Kom., M.T.I. selaku Sub koordinator data dan informasi, setditjen Diktiristek, dan Abdul Naser Rafi’i A, S.Si selaku Analis data Kemdikburistek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.