25 Nov 2019

Telkom University Bantu Warga Desa Lengkong Manfaatkan Pemasaran Melalui Media Online

Bandung, Telkom University – Tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Teknik Informatika (FIF) Telkom University sukses menggelar sebuah program bertajuk Pemberdayaan Kelompok PKK Desa Lengkong dalam Teknik Pemasaran Produk Rumahan dengan Memanfaatkan Media Online. Kegiatan ini selaras dengan visi Telkom University yang dalam beberapa tahun kedepan fokus pada bertransformasi menjadi Entrepreneurial University. Program yang berlangsung sejak 15-17 Oktober 2019 ini dicanangkan oleh tiga anggota diantaranya Dr. Z. K. Abdurahman Baizal, Prof. Adiwijaya, dan Nurul Ikhsan, Ph.D.

Abdurahman Baizal menuturkan, bahwa setiap perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk turut serta memberikan kontribusi dalam pemberdayaan kelompok masyarakat dalam meningkatkan taraf ekonomi melalui kegiatan kewirausahaan, “Terlebih lagi visi kita (Tel-U) adalah untuk menjadi universitas berkewirausahaan” ungkapnya.
Selama dua hari berlangsung, tim menggelar training dengan menghadirkan beberapa pembicara yaitu Danang Triantoro, M.T. dengan memaparkan materi pemanfaatan marketplace online lokal sebagai fasilitas untuk pemasaran produk rumahan (Home Industry). Pembicara kedua seorang pengusaha yang sukses memanfaatkan online marketing yaitu Indah Puja Ningrum, S.Kep. Training selama dua hari ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Desa Lengkong khususnya kelompok PKK untuk membentuk usaha menengah kecil mandiri (UMKM) dengan memanfaatkan potensi yang ada, diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini masyarakat dapat meningkatkan kemampuan dalam merintis UMKM melalui media online.

Selama ini anggota kelompok PKK sudah memproduksi makanan ringan dan beberapa produk rumahan lainnya, sehingga perlu dilakukan penggalian potensi kreatifitas dalam hal strategi pemasaran. Pada program pengabdian masyarakat sebelumnya (Pengmas Tahap 1, 2019), tim telah melaksanakan Inisiasi Pendampingan dalam proses awal produksi dan pejualan untuk kelompok PKK Desa Lengkong. Sesuai dengan roadmap program pengabdian masyarakat yang telah diusulkan, program ini dilanjutkan dengan Pemberdayaan kelompok usaha mandiri yang menghasilkan profit.