Telkom University (Tel-U) melalui startup binaannya, berhasil menciptakan mainan edukasi untuk anak-anak bernama MARGA. MARGA merupakan game edukasi pengenalan hewan yang mengkombinasikan antara software dan hardware untuk memaksimalkan pemahaman anak usia dini dalam mengenal hewan.ย
Game besutan Creducent (Creative Education Center) yang merupakan salah satu startup dari program studi Teknologi Rekayasa Multimedia, Fakultas Ilmu Terapan (FIT), ini dilengkapi dengan kotak ajaib dan boneka hewan untuk menerapkan tangible interaction melalui teknologi RFID (Radio Frequency Identification).ย
Menurut sang innovator Rio Korio Utoro yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Terapan, MARGA memberikan pengalaman belajar baru yang membuat pendidikan menjadi lebih menarik. Dengan fleksibilitas untuk mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja, orang tua dan guru dapat dengan mudah memperkenalkan anak-anak pada dunia hewan yang menarik.ย
โBerinteraksi dengan aplikasi ini cukup meletakkan boneka binatang pada kotak ajaib, kemudian pada menu pengenalan hewan akan memberikan informasi tentang nama, karakteristik, jenis, makanan, dan habitat hewan.โ ucapnya.ย
Rio menambahkan, sementara, untuk menguji pemahaman anak tentang hewan, ada menu-menu menarik seperti permainan menebak suara hewan, di mana anak dapat mencocokkan suara dengan dewan yang benar.ย
โMenu lainnya yang bisa diakses oleh pengguna diantaranya menantang anak untuk menebak ciri-ciri hewan dengan menggunakan petunjuk siluet, kemudian โtebak ukuran hewanโ dengan cara membandingkan ukuran hewan. Tujuan kami adalah ingin melawan kecanduan layar dengan membawa permainan kembali ke dunia nyata, dan menjadi teman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak” jelasnya.ย
Saat ini MARGA sudah digunakan di TK Telkom di seluruh wilayah Banding, dan salah satu Sekolah Luar Biasa C (Tuna Grahita) Kota Bandung, serta telah meraih juara 3 GEMASTIK XV (2022) Kategori โPengembangan Aplikasi Permainanโ.ย
Penulis: Adrian | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relationsย