15 Oct 2019

Tel-U dan Kominfo Gelar Program VSGA

BANDUNG, Telkom University – Telkom University (Tel-U) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melaksanakan Program Digital Talent Scholarship Tahun 2019 (DTS 2019) merupakan program pengembangan sumber daya manusia (SDM). Program pelatihan kompetensi DTS 2019 ditujukan untuk meningkatkan keterampilan (up-skilling) SDM bidang Komunikasi dan Informatika sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa.

Telkom University akan menjadi tuan rumah pada program Vocational School Graduate Academy (VSGA), dimana ini merupakan program pelatihan yang ditujukan bagi lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), mulai tanggal 14 – 23 Oktober 2019.

Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia & Penelitian Komunikasi dan Informatika Bandung, Betty Djulianti dalam sambutannya di Telkom University, Senin (14/10), mengatakan bahwa program DTS 2019 secara garis besar dibagi menjadi empat akademi, selain VSGA, ada juga Fresh Graduate Academy (FGA) , program pelatihan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK dan MIPA, terbuka bagi penyandang disabilitas ; Coding Teacher Academy (CTA) , program pelatihan bagi para guru yang mengajar bidang TIK pada SMK, SMA, SMALB, dan Madrasah Aliyah (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS ;  dan Online Academy (OA) , program pelatihan secara online bagi masyarakat umum termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

“Kami (Kominfo) akan berikan 25.000 beasiswa kepada 25.000 peserta untuk mengikuti pelatihan yang dikemas dalam empat akademi tersebut, dimana beasiswa itu ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Peserta program akan dilatih secara intensif untuk menguasai hardskill dan softskill sesuai dengan peminatan di bidang teknis Artifical Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things, dan Machine Learning serta beberapa tema pelatihan lainnya.” Ucapnya.

Betty juga menjelaskan bahwa beasiswa ini dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo berkerja sama dengan 30 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,  23 Politeknik.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Telkom University yang telah bekerjasama dengan Kominfo untuk menyelenggarakan acara ini, Tel-U akan menjadi tempat berlangsungnya program VSGA serta menjadi instruktur pelatihan sesuai skema pelatihan dimana program ini bertujuan untuk mencetak teknisi dalam bidang digital khususnya Junior Network Administrator, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer dan Intermediate Animator.” Katanya.

(NAI)