22 Nov 2019

Telkom University Raih Emas Pada Gemastik XII

BANDUNG, Telkom University – Gemastik XII telah selesai di selenggarakan, sebagai tuan rumah Telkom University berhasil menempati peringkat 1 untuk perguruan tinggi swasta pada ajang kompetisi bidang TIK tersbesar di Indonesia. Gemastik sendiri merupakan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sejak 12 tahun silam.

Pada tahun ini sebanyak 3.634 tim dari 135 perguruan tinggi se-Indonesia berpartisipasi pada kompetisi yang dibagi menjadi 11 kategori lomba yakni : Programming, Cyber Security, Data Mining, UX Design, Animation, Smart City, ICT Scientific Paper, Software Development Smart Device, Embedded System IoT, Game Development, dan ICT Business Development.

Dari seluruh tim yang masuk telah tersaring sebanyak 381 tim dari 42 perguruan tinggi, dimana 381 tim ini berlaga pada ajang grand final yang digelar di kampus Telkom University.

Telkom University sendiri berhasil meraih 1 Emas, 1 Perak dan 2 Perunggu, dimana tim “NamaTimnyaApa” berhasil meraih emas untuk kategori lomba Data Mining (Penambangan Data), tim yang beranggotaka Setyo Nugroho (S1 Teknik Informatika), Cindy Alifia Putri (S1 Teknik Informatika), dan Nurliah Awaliah (S1 Teknik Informatika) yang berhasil membuat makalah tentang “analisis semantik komentar masyarakat Indonesia terhadap kebijakan pemerintah”

“Awal mulanya kami melihat timline berita tentang demo RUU KPK, dari situ kami ingin mengetahui apakan respon masyarakat positif atau negatif untuk beberapa kebijakan pemerintah. Untuk data yang dianalisis kami bersumber dari Twitter, selain itu kami juga menggunakan metode terbaru untuk melakukannya yaitu BERT (Bidirectional Encoder Representation from Transformer) yang diperkenalkan Google tahun 2018 kemarin.” Ungkap Setyo, Senin (28/10).

Setyo menambahkan tim nya melalui penelitian yang dikerjakan ingin mengetahui bagaimana respon masyarakat Indonesia terhadap kebijakan yang diambil oleh pemerintah, selain itu apakah respon masyarakat melalui media social dapat membantu pemerintah dalam pengambilan kebijakan.

“Melalui penelitian ini kami juga berharap apa yang kami lakukan dapat bermanfaat dalam membantu pemerintah mengambil keputusan berdasarkan respon masyarakat di media social.” Ucapnya.

Pada malam penganugerahan Gemastik XII yang berlangsung Sabtu (26/10) di Aula Fakultas Ilmu Terapan Telkom University, 12 tim dari Tel-U berhasil masuk pada babak final dan 4 tim diantaranya berhasil membawa pulang mendali.